Kompas TV video cerita indonesia

Masker 3D Ramah Lingkungan Karya Mahasiswa UMI Makassar

Kompas.tv - 17 Juni 2020, 12:24 WIB
Penulis : Aryo bimo

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Sejumlah Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Sulawesi Selatan, menciptakan masker tiga dimensi ramah lingkungan.

Masker umumnya dibuat dari bahan plastik polipropilena atau kain. Namun masker ini terbuat dari filamen atau plastik PLA (polylactic acid) yang terbuat dari sari pati jagung.

Cara pembuatan masker 3 dimensi ini diawali proses perancangan dengan menggunakan perangkat lunak di komputer. Selanjutnya proses printing dengan menggunakan alat cetak tiga dimensi.

Satu buah masker membutuhkan plastik PLA sepanjang 10 meter. Proses pembuatannya memakan waktu hingga 5 jam. Dalam sehari, para mahasiswa ini dapat memproduksi hingga 6 buah masker 3 dimensi.

Masker 3 dimensi ini dirancang untuk menyesuaikan bentuk wajah, sehingga lebih nyaman dipakai. Agar lebih efektif dan terlindung dari bakteri dan virus, masker juga dapat dilapisi tisu atau bahan lainnya.

Masker ini juga ramah lingkungan karena bisa dicuci dan dipakai berkali-kali. Menurut rencana, masker-masker 3 dimensi ini akan disalurkan secara gratis kepada tenaga kesehatan di sejumlah rumah sakit di Makassar.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x