Kompas TV video cerita indonesia

Masjid Sunda Kelapa Siap Laksanakan Sholat Jumat

Kompas.tv - 4 Juni 2020, 23:59 WIB
Penulis : Abdur Rahim

JAKARTA, KOMPASTV – Pemprov DKI Jakarta telah mengeluarkan kebijakan untuk tetap melanjutkan PSBB hingga akhir Juni 2020. Meski demikian, PSBB pada Juni ini akan dilonggarkan, karena kasus Covid-19 di Jakarta dinilai sudah menurun.

Sejumlah tempat-tempat umum sudah mulai dibuka, salah satunya adalah tempat ibadah.

Pengurus Masjid Sunda Kelapa La Ode Basir mengatakan, Masjid Sunda Kelapa sudah siap untuk melayani masyarakat dalam melaksanakan sholat. Pada hari jumat (5/6), sholat jumat sudah mulai dilakukan.

Namun, protokol kesehatan tetap harus dijalankan.

Sejumlah petugas akan dikerahkan selama ibadah berlangsung, demi mengurangi penumpukan. Tak hanya itu, jarak dan tata cara ibadah pun juga sudah diatur sedemikian rupa.

“Masjid Agung Sunda Kelapa ada empat pintu gerbang, tapi besok yang kami buka hanya dua. Kemudian setiap yang masuk, kami ukur suhunya. Selanjutnya di dalam sendiri ada pengaturan shaf yang sangat ketat. Ke samping itu jaraknya 1 meter, ke belakang jaraknya 1,5 meter”, ujar La Ode Basir kepada Kompas TV.

Baca Juga: PSBB Hingga Akhir Juni, Anies Mulai Perbolehkan Tempat Umum Untuk Dibuka Secara Bertahap

Selama masa PSBB ini, kapasitas jamaah di Masjid Sunda Kelapa menjadi berkurang. Masjid ini hanya bisa menampung sebanyak 40 persen dari kapasitas.

“Kapasitas masjid berkurang hanya sekitar 40an persen”, ujar La Ode.

La Ode mengimbau agar warga yang datang harus menggunakan masker, membawa alat sholat sendiri, dan wudhuk di rumah, serta membawa kantong plastik untuk sandal/sepatu masing-masing.

Hal ini dilakukan guna mengantisipasi terjadinya penumpukan. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x