Kompas TV video cerita indonesia

Isi Waktu Luang dengan Menghias Terrarium

Kompas.tv - 13 Mei 2020, 14:41 WIB
Penulis : Laura Elvina

CIANJUR, KOMPAS.TV - Berkreasi dengan terrarium, bisa menjadi pilihan aktivitas untuk mengisi waktu luang selama pandemi corona.

Seperti yang dilakukan Abdul Malik, pria asal Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat dalam menghabiskan waktu luangnya di rumah.

Terrarium merupakan satu dari tiga macam jenis vivarium atau tempat buatan yang menyerupai habitat asli pada ekosistem mahluk hidup, baik tanaman maupun hewan.

Jenis lainnya yang biasa ditemui yakni aquarium, yang merupakan eksosistem di dalam air, serta paludarium yang menggabungkan kedua unsur, yakni air dan darat.

Untuk berkreasi dengan terrarium, cukup menggunakan beberapa tanaman hidup mulai dari jenis moss atau lumut, hair grass, tanaman semi aquatic seperti bucephalandra, serta beberapa tanaman lainnya.

Selain itu material pendukung seperti bakteri starter penjernih air, rumah bakteri pupuk dasar, soil serta bebatuan jenis lava rock.

Butuh ketenangan dan konsentrasi untuk bisa membuat terrarium yang indah. Pemilihan ukuran wadah dan material pendukung harus sesuai agar seluruh elemen menciptakan keindahan. s

Yang tidak kalah penting, pemilihan jenis tanaman juga harus sesuai dengan eksosistem buatan yang akan dipilih baik air ataupun darat. Kitapun wajib merawatnya dengan benar agar tanama-tanamanya tetap hidup.

Selamat mencoba!



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x