Kompas TV video cerita indonesia

Seluruh ABK Kapal Explorer Dream Dinyatakan Negatif Covid-19

Kompas.tv - 29 April 2020, 16:20 WIB
Penulis : Theo Reza

JAKARTA, KOMPASTV – Sebanyak 359 anak buah kapal Explorer Dream yang tiba di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara seluruhnya dinyatakan negatif covid-19

Para ABK diperbolehkan melakukan isolasi mandiri di hotel selama tujuh hari dibawah pengawasan satuan gugus tugas pencegahan penularan covid-19. 

Baca Juga: 359 ABK Dream Explorer Dievakuasi ke Wisma Atlet

Sebelumnya para ABK kapal pesiar Explorer Dream sudah mengisolasi diri selama empat belas hari di malaysia dan dinyatakan negatif seluruhnya.

Meski demikian guna mengantisipasi adanya penularan para ABK tetap akan menjalani isolasi di hotel selama tujuh hari.

Proses evakuasi para ABK dimulai pada pukul 8.30 dipimpin oleh Lantamal Tiga Jakarta. Sekoci pengangkut abk pertama tiba di pelabuhan pada pukul 9.30.

Untuk proses evakuasi satuan gugus tugas pencegahan covid-19 telah menyiapkan delapan belas bus pariwisata dan enam ambulance.

Fungsinya jika setelah rapid test dilakukan ada ABK yang positif maka akan dibawa dengan ambulance sementara yang negatif akan dibawa dengan bus.

Baca Juga: Sebanyak 204 ABK WNI Pulang dari Uni Emirat Arab, Semuanya Dipastikan Negatif Covid-19

Physical distancing juga coba dilakukan, bus dengan kapasitas 40 penumpang ini hanya boleh diisi 20 penumpang.

Hal ini sesuai dengan prosedur dan ketentutan yang disusun oleh satuan gugus tugas pencegahan covid-19

Danlantamal tiga Brigjen TNI Marinir Hermanto diamanatkan sebagai Dansatgas Evakuasi ABK kapal.

Hermanto menyebut setelah isolasi selama tujuh hari nantinya akan dilakukan tes kembali.

“Alhamdulillah kita sudah mengevakuasi ABK dari Explorer kirim kurang lebih sebanyak 359 ABK dan kita bersyukur hasil dari pemeriksaan yang dilakukan di lapangan oleh tim kesehatan itu hasilnya negatif.

Setelah ini tentunya rencananya kalo ada yang positif akan kita bawa dievakuasi ke wisma atlet kemudian karena hasilnya negatif mereka langsung kita bawa ke hotel ada beberapa hotel, tiga hotel.

Untuk melakukan isolasi selama kurang lebih satu minggu nanti akan dilakukan pengecekan lagi untuk memastikan sebelum mereka dikembalikan ke kampung halamannya,” ujar Brigjen TNI Marinir Hermanto saat menjelaskan kepada Wartawan.

Baca Juga: Observasi Sudah Selesai, 188 ABK World Dream Dipulangkan




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x