Kompas TV video cerita indonesia

[Infografis] Tips Belanja Aman di Tengah Pandemi Corona

Kompas.tv - 25 April 2020, 16:12 WIB
Penulis : Theo Reza

JAKARTA, KOMPASTV – Belanja untuk kebutuhan sehari-hari adalah hal penting yang tak bisa dilewatkan.

Keharusan PSBB di tengah pandemi virus corona membuat banyak orang memilih memasak sendiri ketimbang membeli makan di resto.

Dilansir dari Kompas.com, Untuk memenuhi kebutuhan belanja penting di tengah pandemi ini berikut panduan agar berbelanja secara aman.

Pilih waktu berbelanjamu

Dengan situasi seperti saat ini dimana banyak orang tinggal di rumah dan bekerja di rumah maka dimungkinkan banyak orang tinggal di rumah dan bekerja dari rumah.

Pilihlah berbelanja di pagi hari sehingga kemungkinan memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan apa yang kamu cari karena umumnya rak masih penuh saat pagi hari.

Buat daftar masak dan makan

Penting untuk membuat daftar apa yang akan kita masak dan makan untuk hari-hari mendatang.

Sehingga membuat berbelanja menjadi lebih mudah dengan mempersiapkan terlebih dahulu.

Jangan bawa keluarga

Untuk mempersingkat aktivitas maka perlu untuk batasi jumlah orang yang bersamamu.

Selain untuk menjaga physical distancing membantu kamu cepat dalam memilih belanjaan yang telah dipersiapkan.

Pakai masker dan bawa hand sanitizer

Pakailah masker setiap kamu keluar rumah dan siapkan hand sanitizer setelah kamu menyentuh permukaan yang kotor.

Belanja dengan mata bukan jari

Untuk menghindari penyebaran yang virus corona maka perlu untuk menghindari menyentuh apapun yang tidak perlu dan gunakan mata untuk menentukan barang yang diperlukan.

Jika makanan tersebut dalam kemasan plastik, berhati-hatilah untuk menyentuhnya, hanya sentuh yang benar-benar ingin kamu ambil.

Jangan menimbun

membeli makanan seharga satu tahun tidak hanya akan menyebabkan pemborosan, tetapi juga akan menyebabkan kesulitan bagi orang lain untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga mereka.

Ketika sampai rumah

Setelah mencuci tangan dan membersihkan diri, jangan lupa mencuci semua produk yang kamu beli. Belum ada kasus Covid-19 yang dilaporkan ditularkan dengan menelan makanan, tetapi virus mungkin hidup di permukaan. Ketika kamu sampai di rumah, gosok produk berkulit keras dengan sikat sayur berbulu lembut, menggunakan sedikit sabun dan air hangat.

Bersihkan diri

Bersihkan dirimu dengan mencuci tangan dan kaki menggunakan sabun saat sudah berbelanja ataupun sebelum berangkat belanja.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x