Kompas TV video cerita indonesia

Wisata Jambu Kristal di Aceh

Kompas.tv - 16 April 2020, 13:15 WIB
Penulis : Theo Reza

ACEH, KOMPASTV - Jambu kristal atau dalam bahasa latin disebut psidium guajava kini semakin banyak diminati oleh masyarakat maupun petani untuk dibudidayakan.

Perkebunan ini terletak di Gampong Kupula, Kecamatan Padang Tiji, Kabupaten Pidie.

Perkebunan seluas lima hektar lebih tersebut kini mulai dibuka untuk umum dengan biaya masuk 10 ribu bebas memakan sepuasnya

Hasil yang dipetik oleh pengunjung akan ditimbang dengan harga 20 hingga 25 ribu perkilogramnya.

Setiap harinya pekerja di perkebunan ini dapat memetik ratusan kilogram jambu kristal untuk kemudian dipasarkan kembali ke daerah aceh maupun sumatera utara.

Jambu kristal atau psidium guajava memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan tanaman jambu pada umumnya, jambu ini tidak memiliki biji atau bijinya hanya sekitar 3 persen dari komposisi buahnya.

Namun di tengah pandemi virus corona, panen terpaksa harus diturunkan dari yang biasanya bisa mencapai satu ton kini menjadi 500 kilogram perharinya.

Beberapa rujukan juga menyebutkan bahwa jambu kristal sendiri memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena memiliki kandungan vitamin c yang tinggi serta bisa melancarkan pencernaan, meredakan flu, serta menjaga
kesehatan jantung.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x