Kompas TV video cerita indonesia

Indonesia-Belanda, Hubungan Masa Lalu Hingga Kerja Sama Ekonomi

Kompas.tv - 10 Maret 2020, 16:04 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kunjungan Raja Belanda Willem-Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti ke Indonesia menjadi simbol hubungan baik yang terjalin di antara Indonesia dan Belanda.

Setelah memiliki sejarah yang cukup panjang di masa lalu, hubungan Indonesia-Belanda saat ini jauh lebih baik. Setelah 25 tahun, Raja dan Ratu Belanda akhirnya kembali mengunjungi Indonesia. Pengamat hubungan internasional, Aleksius Jemadu menilai, kunjungan Belanda ke Indonesia setelah sekian lama ini karena Belanda ingin mempertahankan hubungan sejarah yang dimiliki Indonesia dan negara kincir angin tersebut.

"Belanda itu kan mau mempertahankan hubungan historis dengan Indonesia, karena sejarah kan," ujar Aleksius saat dihubungi melalui telepon oleh Kompas.tv.

Ia juga menyatakan sejarah panjang yang dimiliki antara Indonesia dan Belanda ini menjadikan kedua negara justru semakin dekat dalam hal perekonomian. Terlebih Belanda menilai Indonesia saat ini tengah memegang peranan strategis dalam perekonomian dunia.

"Oleh negara-negara Eropa, Indonesia itu dilihat sebagai emerging market, negara yang bisa menerapkan demokrasi, tetapi juga bisa mencapai pertumbuhan ekonomi yang relatif stabil," tambah Aleksius.

Menurut Aleksius, Belanda juga tidak mau tertinggal dari negara Eropa lainnya dalam hal memiliki hubungan baik dengan Indonesia. Terlebih dengan adanya hubungan sejarah di antara kedua negara.

Aleksius menginginkan pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan Raja Willem-ALexander menghasilkan perjanjian investasi di Indonesia, mengingat pemerintahan Jokowi terus mendorong investasi asing di Indonesia.

Baca Juga: Kunjungan Raja dan Ratu Belanda: Tingkatkan Kerja Sama Ekonomi & SDM



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x