Kompas TV video cerita indonesia

KAI Edukasi Penumpang Kereta Api Cegah Penyebaran Corona

Kompas.tv - 7 Maret 2020, 15:02 WIB
Penulis : Theo Reza

PALEMBANG, JAKARTA - Di tengah kewaspadaan akan merebaknya virus corona perilaku hidup bersih perlu diterapkan terutama di tempat umum seperti stasiun dan kereta api.

Hal itu pula yang dilakukan PT KAI di Stasiun Kertapati, Palembang dengan menyediakan cairan pencuci tangan serta masker bagi para penumpang.

Petugas juga melakukan pemeriksaan suhu tubuh dengan thermal scanner guna memastikan para penumpang dalam keadaan sehat.

Layanan yang telah berlangsung sejak sebulan terakhir penting dilakukan mengingat setiap hari ada sedikitnya tiga ribu penumpang yang naik turun di Stasiun Kertapati.

Para penumpang diharapkan semakin peduli untuk berperilaku hidup bersih serta beretika saat sakit baik di stasiun atau di atas kereta.

Etika yang dimaksud seperti dengan menutup mulut saat bersin atau batuk, serta tidak membuang ludah dan dahak di sembarang tempat.

Kepedulian penumpang terhadap kebersihan dapat mencegah penyebaran virus corona dan penyakit menular lainnya.

Inisiatif ini mendapat tanggapan positif dari para penumpang meski tetap waspada akan virus corona mereka mengaku tidak panik dan tetap tenang.

Selain di Stasiun kertapati layanan serupa juga tersedia di Stasiun kereta jarak jauh lainnya di sepanjang relasi Kertapati - Lubuk Linggau dan Kertapati - Tanjungkarang serta 13 stasiun LRT Palembang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x