Kompas TV video vod

Komunitas Literasi Pemuda di Merauke Buka Lapak Baca di Ruang Publik

Kompas.tv - 6 Juli 2024, 13:10 WIB
Penulis : Shinta Milenia

MERAUKE, KOMPAS.TV - Kurangnya cahaya di ruang publik tak mematahkan semangat Komunitas Pemuda di Merauke, Papua Selatan untuk membaca buku.

Meski literasi membaca di Indonesia khususnya Merauke masih terhitung minim, sejumlah pemuda dengan semangat membuka lapak baca  di ruang publik, tepatnya di  Tugu Lingkaran Brawijaya Merauke, Papua Selatan.

Meski tak ada penerangan yang cukup anggota  komunitas nampak tetap fokus membaca dengan bantuan cahaya dari ponsel mereka.

Secara rutin lapak buku tersebut dibuka setiap Sabtu malam. Hal ini mereka lakukan untuk meningkatkan kesadaran literasi di Merauke, Papua Selatan.

Lapak buku terbuka untuk siapa saja, sementara  buku yang dapat dibaca di lapak ini diantaranya buku terkait isu sosial politik, jurnal penelitian hingga ekspedisi lingkungan di Tanah Papua.

Salah satu anggota Komunitas Literasi, Fransis Boy mengaku buku yang ada di lapak baca merupakan buku yang dikumpulkan dari masing-masing anggota komunitas.

Untuk mendukung  gerakan mereka, Fransis berharap pemerintah memberikan fasilitas seperti penerangan di ruang publik agar dapat membuka lapak baca di ruang publik.

Baca Juga: Tingkatkan Minat Literasi di Gorontalo, Gramedia Gelar Gerakan Literasi dan Bazar Buku

#lapakbaca #literasi #budayamembaca #komunitasbaca



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x