Kompas TV video vod

Pelepasan Ribuan Lampion Warnai Malam Puncak Perayaan Tri Suci Waisak di Candi Borobudur

Kompas.tv - 24 Mei 2024, 09:21 WIB
Penulis : Shinta Milenia

MAGELANG, KOMPAS.TV - Puncak Perayaan Hari Tri Suci Waisak yang akan digelar malam ini di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Rangkaian Puncak Perayaan Hari Tri Suci Waisak 2024 diawali dengan doa Puja Bakti di Candi Mendut.

14 majelis agama Buddha membaca Paritta, mantra dan doa-doa didepan altar pelataran Candi Mendut dipimpin para biksu dari berbagai Dewan Sangha Perwakilan umat Buddha Indonesia.

Usai doa Puja Bakti dilanjutklan dengan prosesi kirab atau jalan kaki dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur.

Api Abadi yang diambil dari mrapen dan air suci dai umbul jumprit yang sebelumnya disemayamkan di Candi Mendut ikut dikirab menuju Candi Borobudur.

Prosesi kirab atau berjalan kaki ini memiliki makna untuk mengingatkan umat Buddha untuk selalu berjalan menuju kebenaran.

Kirab waisak tersebut menjadi daya tarik bagi masyarakat sekitar, warga memadati areal kirab untuk menyaksikan prosesi tersebut.

Tiba di Candi Borobudur, Sarana Puja atau persembahan yang dari Candi Mendut  kemudian di altar utama sebagai bentuk seserahan ucapan syukur.

Upacara di Candi Borobudur dimulai dengan  penyalaan lilin panca warna dan penyalaan dupa yang kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa.

Puncak Perayaan Waisak akan dimeriahkan dengan Festival Lampion di halaman Candi Borobudur.

Perayaan Tri Suci Wasiak memperingati kelahiran  dan wafatnya sang Budha serta peristiwa sang Budha meraih kesempurnaan.

Baca Juga: Libur Panjang Hari Raya Waisak, Stasiun Senen Terpantau Ramai Penumpang

#waisak #kirabwaisak #candiborobudur



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x