Kompas TV video vod

Kata Sekjen PBB Antonio Guteres usai Iran Luncurkan Drone-Rudal ke Israel

Kompas.tv - 15 April 2024, 12:54 WIB
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPASTV – Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (Sekjen PBB) Antonio Guterres angkat bicara pasca serangan rudal dari Iran ke Israel. 

PBB memperingatkan masyarakat internasional agar tidak terlibat lebih jauh dalam konflik antara Iran dan Israel. 

Antonio menyebut konflik itu membuat Timur Tengah kini berada di ambang krisis.

“Timur Tengah berada di ambang krisis. Masyarakat di wilayah tersebut sedang menghadapi bahaya nyata berupa konflik berskala penuh yang menghancurkan. Sekaranglah waktunya untuk meredakan,” kata Sekjen PBB Antonio Guteres di rapat darurat PBB, Minggu (14/4/2024). 

PBB ingatkan pentingnya untuk menghindari tindakan apa pun yang dapat mengarah pada konfrontasi militer besar-besaran di berbagai bidang di Timur Tengah. 

“Warga sipil sudah menanggung beban terberat dan menanggung akibat paling besar. Dan kami memiliki tanggung jawab bersama untuk secara aktif melibatkan semua pihak terkait untuk mencegah eskalasi lebih lanjut,” jelasnya. 

Dilansir dari AP, menurut laporan terbaru, Iran meluncurkan ratusan drone dan rudal dari wilayahnya menuju Israel, dan sebagian besar berhasil dicegat. 

Beberapa rudal dilaporkan menyerang wilayah Israel, salah satunya merusak fasilitas militer Israel di selatan negara itu.

Video Editor: Galih
#iran #israel #pbb

Baca Juga: Pakar Hubungan Internasional Nilai Wajar Iran Lancarkan Serangan Balasan terhadap Israel

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x