Kompas TV video vod

Pengamat Transportasi Sebut Pengaturan Arus Mudik Lebaran 2024 Membaik

Kompas.tv - 8 April 2024, 08:17 WIB
Penulis : Shinta Milenia

KOMPAS.TV - 2 hari jelang lebaran, pemudik motor yang melintas di Jalur Kalimalang, Kota Bekasi, Jawa Barat, Minggu (7/4/2024) malam terpantau ramai.

Arus mudik di Jalur Kalimalang atau di Simpang BCP Jalan Kyai Haji Noer Alie, Kota Bekasi terpantau ramai.

Pemudik dengan sepeda motor mendominasi arus lalu lintas dari arah Jakarta menuju Pantura.

Malam hari menjadi waktu favorit bagi pemudik motor untuk melakukan perjalanan menuju kampung halaman.

Sementara kondisi arus lalu lintas di Simpang Pemuda Kota Cirebon, Jawa Barat kembali dipadati pemudik pada Minggu (7/4/2023) malam.

Sebelumnya, kepadatan arus lalu lintas di titik ini sempat menurun pada Minggu petang tadi. Namun pada malam hari, kendaraan roda dua dan roda empat berpelat nomor kendaraan dari luar daerah Cirebon tampak kembali memadati Simpang Pemuda Cirebon.

Untuk memperlancar dan memberi kenyamanan kepada pemudik, Korlantas Polri memperpanjang sistem one way dari kilometer 72 di Cikampek Utama hingga kilometer 414 di Kalikangkung.

Sistem one way yang seharusnya selesai pada hari Minggu (7/4/2024) pukul 24.00 diperpanjang hingga Senin  (8/4/2024) hari ini.

Sementara dari data selama 3 hari terakhir, jumlah kendaraan pemudik yang melintas sebanyak 130.000 hingga 135.000 kendaraan.

Kepolisian juga kembali menerapkan sistem satu arah lokal mulai dari Gerbang Tol Kalikangkung, Ungaran hingga  Bawen, Kabupaten Semarang.

Rekayasa one way lokal ini diterapkan lantaran terjadi lonjakan arus mudik.

Pemberalakuan satu arah karena tingginya arus lalu lintas dari Jakarta yang masuk ke wilayah Jawa Tengah menyebabkan kemacetan di beberapa titik Gerbang Tol Kota Semarang.

Penerapan satu arah dilakukan mulai gerbang Tol Kalikangkung kilometer 414 kemudian di wilayah Ungaran hingga gerbang Tol Bawen Kabupaten Semarang kilometer 442 pada Minggu malam.

One way lokal diterapkan kembali di Gerbang Tol Kalikangkung menuju Gerbang Tol Bawean.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x