Kompas TV video vod

Kasus Korupsi Timah Jerat Harvey Moeis, Kejagung Ungkap Kemungkinan Pesohor Ikut Terseret

Kompas.tv - 29 Maret 2024, 20:35 WIB
Penulis : Shinta Milenia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Suami selebritas Sandra Dewi, Harvey Moeis tersangkut kasus dugaan korupsi tata kelola komoditas timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan PT Timah Terbuka tahun 2015 – 2022.

Tak tanggung-tanggung, nilai kerugian negara atas aksinya mencapai Rp 271 triliun. Harvey kini telah ditetapkan tersangka oleh Kejaksaan Agung.

Kejagung bilang, Harvey Moeis berperan mengakomodasi pertambangan liar PT Timah Terbuka. Dalam hal ini Direktur Utama PT Timah dan Direktur Keuangan PT Timah terlebih dahulu ditetapkan sebagai tersangka.

Sebagai pengusaha, Harvey memilik sejumlah kekayaan. Beberapa diantaranya rumah mewah, kendaraan mewah hingga jet pribadi yang harganya diperkirakan 2 juta dollar Amerika Serikat atau setara dengan Rp 31 miliar.

Nama lain yang ikut terseret kasus ini adalah Crazy Rich PIK Helena Lim. Helena Lim terlebih dulu ditetapkan jadi tersangka oleh Kejaksaan Agung dalam kasus yang sama namun peran Helena Lim berbeda dengan suami Sandra Dewi.

Sebelum melakukan penahanan, Kejaksaan Agung telah menyita sejumlah barang bukti dari kediaman Helena Lim, salah satunya adalah uang Rp10 miliar  dan 2 juta dollar Singapura atau setara Rp 23,4 miliar.

Tak hanya kerugian materi, Kejaksaan Agung menyebutkan dalam kasus ini nilai kerusakan lingkungan, yaitu kerugian ekologis sebesar Rp183,7 triliun, kerugian ekonomi lingkungan sebesar Rp74,4 triliun dan kerugian biaya pemulihan lingkungan yang mencapai Rp 12,1 triliun.

Dalam kasus dugaan korupsi tata kelola komoditas timah ini, 16 orang ditetapkan sebagai tersangka.
Untuk kepentingan penyidikan, suami selebritas Sandra Dewi, Harvey Moeis dan Helena Lim maupun 14 tersangka lainnya harus menjalani penahanan 20 hari di Rutan Salemba, Cabang Kejakasaan Negeri Jakarta Selatan.

Kita bahas bersama Kapuspenkum Kejaksaan Agung, Ketut Sumedana dan Koordinator Jaringan Advokasi Tambang, Melky Nahar. 

Baca Juga: Kata Pakar TPPU soal Kasus Korupsi Timah yang Menyeret Harvey Moeis dan Helena Lim

#korupsitimah #tppu
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x