Kompas TV video news vlog

Ini Dia Daftar Pekerjaan yang Hilang dan Dibutuhkan di Masa Depan

Kompas.tv - 25 Maret 2024, 13:42 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPASTV - Pesatnya perkembangan teknologi berpotensi besar mendisrupsi pekerjaan di berbagai sektor lapangan kerja.

Forum Ekonomi Dunia merilis daftar pekerjaan yang berpotensi besar digantikan oleh teknologi dan pekerjaan yang masih diminati oleh banyak perusahaan global.

World Economic Forum (WEF) bekerja sama dengan Organisasi Buruh Internasional (ILO) memberi daftar pekerjaan yang saat ini paling banyak bertambah dan berkurang seturut jumlah pekerjanya.

Selain itu, WEF juga memberikan proyeksi terhadap bidang pekerjaan yang paling cepat berkembang dan menyusut hingga tahun 2027 nanti.

Deretan profesi yang paling banyak bertambah jumlah pekerjanya, yakni para tenaga teknis yang mengandalkan keahlian praksis, diperkirakan akan terus mendominasi di tingkat global. Misalnya, operator alat pertanian, sopir truk dan bus, pengajar pendidikan vokasi, dan pekerjaan di bidang perbaikan mesin atau perbengkelan.

Untuk kategori sebaliknya, pekerjaan administratif terlihat terus menurun jumlah tenaga kerjanya karena pengaruh perkembangan teknologi. Misalnya, pekerjaan data entri, administrasi atau sekretaris, petugas keamanan, kasir, dan pekerja di layanan lainnya.

Contenct Creator : Fauzan Al Hazmi

Editor : Lintang Amiluhur

#aigenerated #pekerjaanmasadepan #ai



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x