Kompas TV video vod

Berdiri Sejak 1,5 Abad Lalu, Beginilah Penampakan Masjid Mungsolkanas, Masjid Tertua di Bandung!

Kompas.tv - 19 Maret 2024, 14:34 WIB
Penulis : Shinta Milenia

BANDUNG, KOMPAS.TV - Kami ajak anda mengunjungi masjid pertama dan tertua di Kota Bandung yang menjadi sejarah Syiar Islam di Paris Van Java.

Masjid Mungsolkanas di kawasan Cihampelas Kota Bandung telah berdiri sejak satu setengah abad lalu.

Kalau biasanya penamaan masjid identik dengan penggunaan Bahasa Arab, masjid ini menggunakan Bahasa Sunda sebagai namanya.

Nama Mungsolkanas merupakan singkatan dari Mangga Urang Ngaos Sholawat Ka Kanjeng Nabi Salaallahu Alaihi Wassalam atau kalau dibahasa indonesia kan mari kita panjatkan sholawat kepada Nabi Saw.

Melalui nama ini, pemakrasa Masjid Kh Abdurrohim atau yang memiliki gelar Mama Aden ingin senantiasa mengingatkan betapa pentingnya bersholawat kepada junjungan besar umat islam Nabi SAW. 

Berdiri satu setengah abad lalu tepatnya pada tahun 1869, Masjid Mungsolkanas mungkin tak sepopuler masjid-masjid lain. Namun selain merupakan masjid tertua di Kota Bandung, konon dahulu kalamasjid ini pernah disinggahi soekarno untuk menginap kala masih berkuliah di Technische Hoogeschool Te Bandoeng atau ITB.

Berdiri jauh sebelum kemerdekaan Republik Indonesia masjid yang dahulu hanya merupakan bangunan dari kayu ini telah berkali-kali melalui masa pemugaran.

Pemugaran secara total dilakukan pada tahn 2009. Saat itu bangunan masjid yang sebelumnya hanya satu laintai dirombak menjadi dua lantai.

Hal ini membuat sudah tak ada lagi peninggalan asli bangunan masjid yang tersisa.

Meski sederhana dan tak semegah masjid-masjid populer di Kota Bandung suasana di masjid ini begitu nyaman dan sejuk untuk beribadah.

Baca Juga: Masjid Tiban Peninggalan Sunan Kalijaga di Klaten: Misteri & Benda Kuno Berusia 6 Abad

#masjidtertua #bandung #ramadan #wisatareligi #masjidmungsolkanas



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x