Kompas TV video vod

Berkah Ramadan Bagi Pengrajin Beduk di Banyumas, Orderan Melejit Hingga 300 Persen!

Kompas.tv - 18 Maret 2024, 13:09 WIB
Penulis : Shinta Milenia

BANYUMAS, KOMPAS.TV - Perajin beduk di Desa Keniten, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah kebanjiran pesanan sejak menjelang bulan ramadan.

Pesanan beduk meningkat hingga 100% dari bulan-bulan biasa.

Orderan beduk ini tak hanya datang dari pembeli lokal, namun juga dari daerah lain, bahkan ada yang dari pulau Kalimantan.

Salah satu pengrajin beduk, Muhammad Yusuf mengaku pada bulan biasa dirinya hanya membuat sekitar 6-10 beduk dalam satu bulan. Namun mendekati ramadhan, orderan meningkat drastis hingga dirinya membuat 30 beduk dalam sebulan.

Selain dalam bentuk jadi, ada juga pembeli yang memesan beduk untuk digunakan saat lebaran nanti. Untuk memenuhi pesanan tersebut, dirinya harus bekerja ekstra dan juga menambah tenaga kerja.

Beduk hasil buatan Yusuf ini dijual dengan harga bervariasi, mulai dari Rp 3,5 juta hingga beduk berukuran jumbo yang banderol sekitar Rp 40 juta.

Beduk produksi Yusuf dikenal memiliki suara yang nyaring karena terbuat dari kulit sapi asli yang dililitkan pada rangka beduk yang terbuat dari susunan balok kayu yang susun hingga melingkar.

Baca Juga: Kuliner Legendaris 'Kue Ganjel Rel' Asal Semarang Jadi Favorit di Bulan Ramadan

#ramadan #banyumas #pengrajinbeduk #berkahramadan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x