Kompas TV video vod

Beragam Tradisi Jelang Ramadan di Jawa Tengah, Padusan, Sadranan Udhek-Udhek, hingga Cuci Karpet

Kompas.tv - 10 Maret 2024, 18:44 WIB
Penulis : Kharismaningtyas

JATENG, KOMPAS.TV - Menyambut Bulan Suci Ramadan 2024, sejumlah tradisi digelar. Ada tradisi mandi sebagai simbol penyucian diri sampai cuci karpet masjid dan musola.
Di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, menyambut Ramadan dilakukan dengan Tradisi Padusan. Dilestarikan sejak zaman Wali Songo, hingga kini Tradisi Padusan di Mata Air Tirtomarto Pengging,  digelar bersama masyarakat.
Lalu ada anak-anak, orang dewasa, laki-laki, perempuan, ramai-ramai berebut uang logam, atau koin di puncak acara Tradisi Sadranan Udhék-Udhék.

Ratusan warga tak ragu mandi lumpur di acara yang diadakan di Dukuh Dalangan, Desa Kalitengah, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten.

Tradisi Sadranan Udhêk-Udhék digelar secara turun temurun dengan awal doa bersama untuk keselamatan warga dan mendoakan leluhur. Udhék-udhék yang berupa koin menjadi wujud sedekah dan berbagi antara warga yang mampu dan warga lain.

Di Umbul Senjoyo Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, warga bergotong royong mencuci karpet. Karpet yang dicuci massal ini adalah karpet masjid dan mushola. Umbul Senjoyo dipilih karena air yang bersih karena dekat dengan mata air serta tempat yang luas.

Baca Juga: Jelang Puasa, Presiden Jokowi Ziarah ke Makam Keluarga di Karanganyar

#klaten #boyolali #semarang #ramadan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x