Kompas TV video vod

Simulasi Makan Siang Gratis, Airlangga Hartarto: Sukarela, Usulan dari Pemkab Tangerang!

Kompas.tv - 1 Maret 2024, 11:28 WIB
Penulis : Shinta Milenia

TANGERANG, KOMPAS.TV - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menghadiri simulasi makan siang gratis di SMP 2 Tangerang.

Airlangga menyebut simulasi akan dijadikan bahan evaluasi pemerintah pusat.

Menurut Airlangga, simulasi yang digelar secara sukarela oleh Pemkab Tangerang menjadi bahan bagi kementerian untuk mengkaji implementasi program makan siang gratis.

Mulai dari pilihan menu hingga pembiayaan. Dalam simulasi ini, menu yang disajikan kepada para siswa dan siswi yakni nasi, ayam, telur, kentang, gado-gado hingga buah-buahan dengan perkiraan harga Rp 15.000 per menu.

Simulasi makan siang gratis yang dilakukan. menurut Direktur Eksekutif Indef, Esther Sri Astuti sudah cukup menggambarkan pelaksaanannya nanti.

Namun biaya  disetiap daerah harus disesuaikan karena kemampuan dan daya beli setiap daerah berbeda.

Harga makan siang gratis yang diberikan oleh Prabowo-Gibran nantinya seharga Rp 15.000 per porsi atau per siswa dengan menu lengkap ayam sayur dan lauk nabati.

Menurut para pedagang warteg, harga ini jauh lebih murah dibandingkan dengan harga jual dengan menu yang sama. Biasanya pedagang warteg menjual nasi ayam dan lauk di atas Rp 20.000.

Program makan siang gratis yang digagas paslon Prabowo-Gibran sebelumnya jadi sorotan karena sudah mulai dibahas di rapat kabinet untuk dimasukkan dalam RAPBN 2025. Meski belum ada hasil resmi dari KPU terkait hasil pemilu 2024.

Baca Juga: Media Asing Soroti Reaksi Gibran soal Peringatan Bank Dunia Terkait Makan Siang Gratis

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x