Kompas TV video vod

2 Mahasiswi UDINUS Ciptakan Kaki Palsu Silikon, Diberi Nama 'Silicon Particial Foot Prostetic'

Kompas.tv - 28 Februari 2024, 15:34 WIB
Penulis : Shinta Milenia

SEMARANG, KOMPAS.TV - Berawal dari keinginan membantu teman disabilitas, 2 orang mahasiswi sebuah kampus swasta di Kota Semarang berhasil menciptakan kaki palsu bagi penyandang disabilitas.

Kaki palsu terbuat dari silikon ini menyerupai kaki asli karena pembuatannya menggunakan teknologi 3 dimensi.

Merry Sonia Subiantoro dan Annisa Luthfiyah Handayani menamai penemuan kaki palsu silikon ini dengan nama Silicon Particial Foot Prostetic.

Penemuan ini berawal keinginan membantu teman mereka yang mengalami disabilitas pada kaki atau yang biasa disebut kongenital.

Kebetulan jurusan kuliah keduanya berkaitan dengan ini yakni peminatan rehabilitasi medis pada Biomedis Udinus.

Proses awal dilakukan dengan pengambilan data secara digital kaki pasien atau pengguna agar benar-benar sesuai dengan kondisi kaki pasien.

Selanjutnya membuat desain dari kaki tersebut serta melakukan pengolahan material mentah dari silikon dan fiberglas untuk membentuk silicon particial foot prostetic.

Proses pengerasan produk mereka ini membutuhkan waktu selama 24 jam. Keduanya berharap hasil karya ini bisa lebih banyak dikenal sehingga banyak memberi manfaat bagi para difabel.

Terkait hasil temuan ini, Dekan Fakultas Teknik Udinus, Heru Agus Santoso mengakui karya mahasiswa ini masih berupa prototipe dan perlu dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak.

Saat ini pihaknya sudah bekerjasama dengan kampus lain, seperti Institut Teknologi Surabaya, Undip dan Dinas Kesehatan Kota Semarang.

Untuk membuat kaki palsu silikon ini, Merry dan Annisa membutuhkan waktu sekitar 3 bulan.

Tantangan dalam kaki silikon ini yaitu proses manufaktur terkadang hasil cetaknya tidak sempurna.

Baca Juga: Calon Mahasiswa Baru Wajib Tahu, Cek Jadwal, Tujuan, dan Aturan UTBK-SNBT 2024

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x