Kompas TV video sinau

Ini Alasan Aksi Demo di Indonesia Identik dengan Bakar Ban | SINAU

Kompas.tv - 28 Februari 2024, 08:50 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Bila kita melihat di berita televisi, media cetak, atau online yang menayangkan demonstrasi. Seringnya, akan diperlihatkan massa yang membakar ban sambil berorasi.

Demo dengan membakar ban ini kerap dilakukan oleh mahasiswa.

Alasan Demo Identik dengan Aksi Bakar Membakar

Dikatakan bahwa aksi membakar barang misalnya ban bekas atau lainnya adalah simbol tertentu.

Melansir dari Kompas.com, 27 Februari 2024  Sosiolog Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta  Drajat Tri Kartono  menegaskan, ‘’Bakar-bakaran dalam demo itu merupakan sebuah simbol yang ditunjukkan ke publik dan semua orang bahwa masalah itu sudah membara’’

Drajat kembali menjelaskan, simbol tersebut untuk menunjukkan pada publik dan juga pihak yang didemo bahwa masalah yang disuarakan sudah membara.

Bentuk Perlawanan

Bisa diatrikan pula bahwa masalah tersebut sudah menyala seperti api yang dibakar Drajat kembali menegaskan, di balik pembakaran tersebut ada peringatan siapa saja, utamanya yang didemo bakal terbakar sampai hangus dan habis.

"Tidak sekadar menyuarakan pendapat, diterima atau tidak diterima lalu pulang. Tidak sekadar loncat-loncat, tetapi bakar-bakar tadi bisa diibaratkan mereka sudah di level puncak", imbuh Drajat

Maka dari itu, sebagai lambang bahwa demo sudah serius dan besar ban dibakar untuk simbol semangat dan menarik perhatian.

Biasanya demo dengan bakar ban terjadi di kota besar dan ditengah jalan raya tujuannya untuk melumpuhkan jalur transportasi dan menarik perhatian orang di jalan.

Baca Juga: Demo Tiga Hari Januari 1968: Turunkan Harga Beras, Turunkan Pemimpin yang Gagal

Editor Video: Dawud Majid



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x