Kompas TV video vod

Kawal Pemilu 2024, Litbang Kompas Lakukan Hitung Cepat dengan Fitur Dalam Gawai

Kompas.tv - 14 Februari 2024, 17:45 WIB
Penulis : Dea Davina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seperti apa alur kerja hitung cepat Litbang Kompas? Mulai warga memberikan hak suaranya hingga diterima datanya oleh Litbang Kompas.

Pertama Litbang Kompas telah memiliki sejumlah orang yang disebut interviewer yang disebar beberapa TPS di sejumlah wilayah di Indonesia.

Nantinya usai jam penghitungan suara selesai di TPS tersebut, "interviewer" ini bertugas untuk mengirim data dari hasil penghitungan suara di tempat pemungutan suara.

Data ini akan dikirim ke server Litbang Kompas.

Baca Juga: Tanggapan Ganjar Atas Hasil Quick Count Pemilu 2024: Kamu Percaya Suara Saya Segitu?

Dari data yang di terima server dari seluruh interviewer yang tersebar di Indonesia, selajutnya akan dikirim ke "konfirmator" dengan tujuan untuk mengkonfirmasi data yang telah diterima server.

Namun tak hanya itu, untuk meyakinkan kembali data tersebut sama dengan apa yang diperoleh di TPS, "konfirmator" akan menghubungi " interviewer" untuk memastikan akurasi data, apakah sama data yang dikirim dari server dengan data yang ada di TPS.

Setelah dirasa data yang diterima sama selanjutnya akan kembali dikirim ke server dan diterima oleh "validator".

Validator disini bertanggung jawab memvalidasi suara yang diterima server setelah di konfirmasi keakuratannya untuk selanjutnya di lihat oleh warga melalui Litbang Kompas.

Baca Juga: Rekam Jejak Litbang Kompas: 15 Kali Terlibat dalam Pelaksanaan Hitung Cepat
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x