Kompas TV video vod

Dua Lampion Raksasa, Tinggi Capai 4 Meter Siap Meriahkan Perayaan Imlek di Kubu Raya

Kompas.tv - 8 Februari 2024, 17:53 WIB
Penulis : Shinta Milenia

KUBU RAYA, KOMPAS.TV - Jelang perayaan Tahun Baru Imlek, Kelenteng Tri Dharma Hiang Thian Siang Tie membuat ribuan lampion dan lampion raksasa yang lebih besar dari tahun sebelumnya dengan tinggi 4 meter.

Kelenteng Tri Dharma Hiang Thian Siang Tie merupakan kelenteng tertua yang terletak di Desa Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Kelenteng Tri Dharma Hiang Thian Siang Tie setiap tahunnya ikut memeriahkan imlek dan kali ini Kelenteng Tri Dharma Hiang Thian Siang Tie punya ciri khas dari kelenteng lainnya, yaitu dengan adanya lampion raksasa.

Pengurus kelenteng mengatakan lampion raksasa dibuat dengan diameter 6 meter dan tinggi mencapai 4 meter yang dikerjakan oleh sejumlah orang, mulai dari awal pengecatan hingga menggantungya di depan kelenteng.

Selain lampion raksasa,  kelenteng ini juga dihiasai 2.300 lampion yang dipasang dari depan hingga masuk kelenteng.

Bertepatan dengan tahun pemilu, perayaan imlek tahun ini tidak akan dilaksanakan  dengan meriah yang menimbulkan keramamian, namun diharapkan akan tetap bisa memberikan kesan kepada masyarakat yang merayakannya.

Perayaan Imlek di Kelenteng Tri Dharma Hiang Thian Siang Tie Kakap tahun ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk mempererat tali persaudaraan antarwarga multi etnis di Kabupaten Kubu Raya.

Dengan melibatkan semua pihak, kelenteng menjadi tempat yang mampu menyatukan beragam budaya dan tradisi dalam semangat kebersamaan dan toleransi.

Baca Juga: Sambut Tahun Naga Kayu, Daop 8 Surabaya Hias 3 Stasiun dengan Ornamen Imlek

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x