Kompas TV video vod

Pasangan Capres-Cawapres Janji Ciptakan 15-19 Juta Lapangan Pekerjaan Bagi Masyarakat

Kompas.tv - 1 Februari 2024, 09:13 WIB
Penulis : Shinta Milenia

JAKARTA, KOMPAS.TV - KPU akan kembali menggelar debat ke-5 Pilpres 2024 yang salah satu temanya adalah soal ketenagakerjaan. Dalam visi misinya, pasangan capres cawapres janjikan penciptaan lapangan kerja sebanyak 15 juta hingga 19 juta.

Pasangan nomor urut 1, Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar menjanjikan penyedian 15-17 juta juta lapangan kerja.

Dalam berbagai kesempatan, Capres Anies Baswedan menyoroti soal banyaknya investasi yang masuk ke Indonesia, namun tidak mampu menyerap banyak tenaga kerja.

Sementara pasangan Prabowo-Gibran menyatakan optimismenya bisa membuka 19 juta lapangan kerja.

Capres Prabowo Subianto saat berkampanye di Subang, Jawa Barat menjanjikan pembangunan 13 kota baru di Pantura, Jawa Barat. Pembangunan 13 kota  itu akan mampu menyerap 3 juta lapangan kerja.

Pasangan Ganjar-Mahfud juga menjanjikan 17 juta lapangan kerja jika terpilih sebagai presiden dan wakil presiden.

Saat berkampanye di beberapa daerah, Ganjar Pranowo sering menerima keluhan warga soal pungli dalam penerimaan tenaga kerja. Ganjar berjanji akan menyikat praktik tersebut.

Sementara Ekonom Indef, Tauhid Ahmad menjelaskan target dari visi-misi tiga capres-cawapres untuk membuka lapangan kerja tidak realistis.

Data BPS menunjukkan jumlah pengangguran dalam 4 tahun terakhir relatif menurun. Tahun 2023 angka pengangguran di Indonesia mencapai 7,86 juta orang.

Akankah capres bisa menawarkan solusi untuk mengatasi pengangguran? Kita nantikan di debat terakhir capres 2024 yang akan digelar pada 4 Februari mendatang.

Baca Juga: Respons Ganjar Soal Insiden Warga Bentangkan Spanduk 'Pilih Ganjar' Saat Jokowi Melintas

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x