Kompas TV video vod

Detik-Detik TNI AL Tangkap 24 PMI Non Prosedural yang Kembali dari Malaysia di Kota Dumai

Kompas.tv - 31 Januari 2024, 09:27 WIB
Penulis : Shinta Milenia

RIAU, KOMPAS.TV - TNI Angkatan Laut  menangkap 24 orang Pekerja Migran Indonesia non prosedural yang kembali dari Malaysia. Mereka ditangkap di Pesisir Pelintung Dumai, Provinsi Riau.

Pengungkapan Pekerja Migran Indonesia non prosedural dari Malaysia ini merupakan hasil dari penyisiran, pemantauan dan pengintaian tim gabungan di bibir Pantai Pelintung Kota Dumai.

Pekerja Migran Indonesia non prosedural yang diamankan sebanyak 24 orang yang terdiri dari 16 laki-laki dan 6 perempuan. Bahkan diantaranya terdapat 1 anak balita berusia 3 tahun dan 1 bayi berusia 6 bulan.

Dari keterangan yang didapatkan, Pekerja Migran Indonesia non prosedural ini berangkat dari Sungai Rumbai Malaka Malaysia menuju Indonesia tepatnya di wilayah Pelintung, Dumai, Riau dengan biaya keberangkatan bervariasi antara Rp 4 juta – Rp 5 juta.

Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (P) Kariady Bangun mengatakan, 24 orang Pekerja Migran Indonesia non prosedural ini dibawa ke Mako Lanal DumaI untuk pemeriksaan awal, selanjutnya PMI non prosedural dan barang bukti diserahkan ke pos Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia Kota Dumai untuk proses lebih lanjut.

Sementara itu Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Muhammad Ali menyampaikan keberhasilan TNI Angkatan Laut dalam mengamankan Pekerja Migran Indonesia non prosedural dari Malaysia merupakan salah satu bentuk kesiapan dan kesiapsiagaan TNI Angkatan Laut dalam menghadapi berbagai ancaman tindak pidana perdagangan orang di wilayah teritorial Indonesia.

Baca Juga: TNI Bersihkan Pasar Doro, Cegah Penyakit di Musim Hujan

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x