Kompas TV video vod

Tokoh Nasional 'Gaspol' Turun Gunung di Kampanye Terbuka, Ini Kata Analis Komunikasi Politik Unpad

Kompas.tv - 15 Januari 2024, 18:18 WIB
Penulis : Aisha Amalia Putri

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sejumlah tokoh nasional akan mengoptimalkan masa kampanye terbuka untuk memenangkan masing-masing kandidat calon presiden-calon wakil presidennya di pilpres 2024. 

Seperti Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri yang menyatakan siap "turun gunung" berkampanye untuk memenangkan Capres-Cawapres Nomor Urut Tiga, Ganjar Pranowo - Mahfud MD.

Jelang kampanye rapat umum, Wakil Presiden Ke-10 dan 12 Jusuf Kalla juga sudah memanaskan tensi dengan menyatakan dukungannya kepada Capres-Cawapres Nomor Urut Satu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Cawapres Muhaimin menyatakan saat mendampingi kampanyenya di Surabaya, Jawa Timur, JK memberikan dukungan moral yang akan memacu simpatisan memenangkan Amin di Jawa Timur.

Sebelumnya, Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono sudah mulai blusukan ke sejumlah daerah termasuk Cianjur, Jawa Barat.

Di hadapan masyarakat, SBY pamer program saat menjadi presiden.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa juga sudah menyatakan dukungannya pada Capres-Cawapres Nomor Urut Dua Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka.

Bahkan, Khofifah sudah tercatat dalam struktur Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran.

Analis Komunikasi Politik menilai turun gunungnya sejumlah tokoh nasional penting termasuk tokoh veteran karena pemilih yang tergolong masyarakat awam, masih melihat sosok sebagai faktor penentu dalam konteks keterpilihan capres-cawapres.

Kampanye rapat umum atau terbuka akan dimulai pada (21/01) hingga (10/02).

Di sinilah, para tokoh yang turun gunung akan mengerahkan segala daya upaya untuk memenangkan kandidatnya di pilpres 2024.

Baca Juga: Kata Alissa Wahid Usai Bertemu Dengan SBY di Cikeas: Bahas Soal Pemilu



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x