Kompas TV video vod

[FULL] Penjelasan Lengkap Menlu Retno atas Hasil Pertemuan Jokowi dengan Pemerintah Vietnam

Kompas.tv - 13 Januari 2024, 11:57 WIB
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPASTV – Presiden Jokowi bertemu dengan sejumlah tokoh penting Vietnam, di antaranya Presiden Vietnam Vo Van Thuong, Presiden Majelis Nasional Vietnam V ng ình Hu , dan Perdana Menteri Pham Minh Chinh. 

Menurut Presiden Jokowi, Vietnam adalah mitra strategis Indonesia di Asia Tenggara, dan menjadi salah satu mitra perdagangan serta tujuan investasi Indonesia. 

“Terdapat lebih dari 32 perusahaan Indonesia yang beroperasi di Vietnam. Selain itu, Vietnam juga merupakan mitra pengembangan kerja sama teknologi yang juga sangat penting. Oleh karenanya kunjungan Bapak Presiden RI bersifat amat strategis, terutama dalam upaya kedua negara mencapai visi high income country 2045," kata Retno, Sabtu (13/1/2024).

Baca Juga: Momen Jokowi Jabat Erat Tangan PM Vietnam, Siap Tetapkan Target Baru Perdagangan Bilateral

Tak hanya itu dalam bidang pangan, kedua negara sepakat penguatan rantai pasok pangan adalah kunci untuk mencegah krisis pangan.

"Guna mewujudkan hal ini, keduanya sepakat untuk meningkatkan kerja sama suplai bahan pokok termasuk ekspor produk ikan Indonesia ke Vietnam," ujar Retno.

Lebih lanjut Retno mengatakan Presiden & PM Chinh sepakat untuk terus meningkatkan perdagangan serta meningkatkan perluasan akses pasar dan pengurangan hambatan perdagangan.

"Untuk mencapai hal tersebut, kedua pemimpin menyampaikan bahwa target perdagangan ke depan adalah lebih tinggi dari USD 15 miliar pada tahun 2028," ujarnya.

Video Editor: Agung
#jokowi #vietnam #menluretno



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x