Kompas TV video vod

Respons TKN Prabowo-Gibran Terkait Pidato Kapolri Sebut Pemimpin Estafet Jokowi

Kompas.tv - 12 Januari 2024, 23:01 WIB
Penulis : Shinta Milenia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyinggung pemimpin yang bisa melanjutkan estafet kepemimpinan di acara perayaan natal Mabes Polri di Jakarta.

Saat memberikan sambutan, Kapolri menyoroti soal perbedaan yang kian tajam di masyarakat jelang Pilpres 14 Februari mendatang.

Listyo minta semua kalangan ikut mendinginkan suasana politik yang memanas agar persatuan dan ketertiban tetap terjaga.

Kata Listyo, siapa pun yang terpilih di pilpres adalah pemimpin-pemimpin terbaik, namun yang dicari adalah pemimpin yang bisa melanjutkan estafet kepemimpinan dan bukan yang memelihara perbedaan.

Capres Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo menanggapi pernyataan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang menyebut kriteria pemimpin yang dicari di pilpres adalah yang bisa melanjutkan estafet kepemimpinan.

Menurut Ganjar jelas ia bisa melanjutkan estafet kepemimpinan karena ia dua kali jadi Tim Sukses Jokowi di pilpres dan ia ikut mengamankan Program Nasional di Jawa Tengah. Sementara, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto minta Kapolri jangan membuat pernyataan yang bisa menimbulkan persepsi mendukung capres tertentu.

Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran, Habiburokhman menilai tak ada yang salah dengan pernyataan Kapolri soal yang dicari pemimpin yang bisa melanjutkan estafet kepemimpinan.

Habiburokhman bilang ia kenal betul dengan sosok Kapolri dan yakin Jenderal Listyo Prabowo akan bersikap netral di Pilpres 2024.

Menurut Peneliti Perludem, Fadli Ramadhanil pernyataan Kapolri tersebut memastikan netralitas aparat penegak hukum dalam hal ini Kepolisian Republik Indonesia harus netral dan hati-hati di Pemilu 2024.

Jika ada narasi atau pernyataan Kapolri yang terasosiasi dari salah satu calon presiden akan menimbulkan pertanyaan dan jangan menimbulkan keberpihakan yang paling penting Kepolisian Republik Indonesia mulai tingkat atas sampai level bawah memastikan netralitasnya.

Baca Juga: Tanggapan Anies-Cak Imin Soal Pernyataan Kapolri Soal Estafet Kepemimpinan


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x