Kompas TV video sinau

Mengenang dr Lo, Dokter Dermawan yang Tak Pernah Pasang Tarif ke Pasien| SINAU

Kompas.tv - 11 Januari 2024, 22:47 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Dokter yang terkenal karena tak pernah menentukan tarif bagi pasiennya ini. Lahir di Kota Magelang, Jawa Tengah, pada 16 Agustus 1934. Lo lahir dari keluarga pengusaha yang terbilang sukses, dari sosok ibunya lah yang memicu keinginannya untuk menjadi seorang dokter.

Lo Siaw Ging menyelesaikan pendidikan kedokterannya di Universitas Airlangga dan lulus tahun 1962, kemudian melanjutkan studi S-2 di Universitas Indonesia pada 1995.

dr Lo pernah bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil yang bertugas di beberapa daerah antara lain:

  • Wonogiri
  • Boyolali
  • Solo
  • Sleman
  • Gunungkidul
  • dan berbagai daerah lainnya

Kemudian ia menjadi tenaga medis di Rumah Sakit Panti Kosala yang kini bernama Rumah Sakit dr Oen, Solo. Di rumah sakit ini ia bertemu dengan dr Oen Boeng Ing. Sosok yang besar peranannya dalam pendirian RS Panti Kosala

dr Lo dikenal membuka praktik di Rumah Sakit Kasih Ibu, Solo, Jawa Tengah. Namun, ia juga membuka praktik di rumah pribadinya di Jalan Jagalan No. 27, Solo. Setiap Senin sampai dengan Sabtu pukul 16.00-20.00 WIB.

"Kalau pasien yang tidak mampu, tidak perlu bayar obat di apotek. Kalau yang mampu, biasanya mereka nanti beli obat sendiri”, ungkap Dokter Lo Siauw Ging yang dikutip dari Kompas.id. via Kompas.com 10 Januari 2024.

Atas kedermawanannya dr Lo mendapat julukan ‘’Dokter Gratis’’ atau ‘’Dokter Tanpa Tarif’’. Ketika praktik di RS Kasih Ibu Solo, ia tetap menggratiskan jasanya. Pasien yang tidak mampu tidak ditarik biaya, ia memberikan tanda khusus dan meminta pasien menebus obat di apotek yang ia tentukan.

Kemudian, saat akhir bulan tagihan akan dikirim langsung ke dr Lo. 

Baca Juga: Sebelum Wafat, Dokter Lo Siauw Ging Berpesan Ingin Dimakamkan secara Sederhana dan Minta Peti Putih

Editor Video: Dawud Majid



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x