Kompas TV video sinau

Penjelasan Ilmiah Food Court Selalu di Lantai Atas Mal | SINAU

Kompas.tv - 3 Januari 2024, 10:00 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Mengapa Food Court Sengaja diletakkan di lantai atas mal?

  1. Konsep Kios, karena menurut ahli, beberapa tahun terakhir kios makanan kecil di area pejalan kaki di dalam mal semakin berkembang. Tujuannya adalah untuk mendekatkan makanan kepada pelanggan. Sebab kebanyakan orang berkunjung ke mal setidaknya 3-4 jam. Nah, keberadaan kios tersebut akan memuaskan rasa lapar dari pengunjung.
  2. Lebih Tertata, apabila food court atau pujasera berada di titik lain dalam sebuah mal. Hal itu akan memicu kekacauan dan merusak etalase yang ada di dalam mal. Karena food court atau pujasera membutuhkan ruang lebih untuk memasak dan ventilasi udara. Hal tersebut tidak bisa diterapkan di lantai bagian lainnya di dalam mal yang keadaan umumnya ruangannya tertutup rapat.
  3. Strategi Penjualan, salah satu faktor yang dipertimbangkan adalah ilmu perilaku manusia yakni kita tak akan menemukan toko parfum di lantai dua atau lantai tiga dalam sebuah mal. Ini karena dipercaya akan menghilangkan konsentrasi pengunjung yang akan terkesan dengan lokasi yang wangi. Sama halnya dengan pujasera atau food court yang ditempatkan di lantai atas. Sehingga, saat orang banyak berkumpul di sana sudah dalam keadaan lapar dan memutuskan untuk singgah atau mampir.
  4. Ruangan Khusus, Food court perlu meja yang terpisah dengan gerai penjual makan lengkap dengan dapurnya. Dengan demikian, pengunjung bisa menikmati makanan yang dihidangkan.
  5. Psikologi Manusia,menurutut ahli, makanan merupakan hal yang dapat memengaruhi dan mengalihkan pikiran apabila food court ada di lantai pertama maka akan mengganggu. Sehingga, tidak dapat berkonsentrasi untuk mengunjungi gerai lainnya. 

Baca Juga: Simak, Cara Aktivasi e-KTP Jadi IKD Pakai HP | SINAU

Editor Video: Dawud Majid



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x