Kompas TV video vod

Waspada Covid-19 Saat Libur Nataru, Kemenkes Tinjau Langsung Posko Kesehatan di Pelabuhan Merak

Kompas.tv - 30 Desember 2023, 12:06 WIB
Penulis : Shinta Milenia

BANTEN, KOMPAS.TV - Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melakukan kunjungan ke sejumlah posko kesehatan yang berada di Pelabuhan Penyeberangan Merak, Banten.

Dalam kunjungannya ini, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan langsung melakukan pengecekan ke sejumlah posko layanan kesehatan.

Dalam angkutan natal dan tahun baru 2024, Kementerian Kesehatan menyiagakan dan menoptimalkan sebanyak 16.606 fasilitas pelayanan kesehatan yang terdiri atas 3.137 rumah sakit, 10.147 puskesmas, 51 kantor kesehatan pelabuhan, 10 labkesmas fegional, 352 PSC 119 dan 2.909 pos pelayanan kesehatan yang tersebar di sejumlah stasiun, bandara, terminal rest area, pelabuhan hingga tempat keramaian lainnya.

Tak hanya itu pula, Kementerian Kesehatan juga menyediakan tenaga medis dan tenaga kesehatan di fasilitas kesehatan sebanyak 25.782 yang terdiri dari 2.836 dokter, 10.292 perawat, 8.046 bidan, 330 nakestrad dan 4.278 nakes lainnya.

Dalam beberapa waktu terakhir ini, Kementerian Kesehatan juga mewaspadai adanya lonjakan kembali penularan Covid-19 sehingga seluruh masyarakat yang melakukan perjalanan pada libur natal dan tahun baru dihimbau tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak.

Kesiapsiagaan sektor kesehatan pada masa libur natal dan tahun baru ini diharapkan dapat memitigasi faktor resiko penyakit, potensi krisis kesehatan, kecelakaan lalu lintas, penyakit akibat perjalanan, keracunan makanan serta potensi adanya kejadian luar biasa.

Baca Juga: Wamen BUMN dan Pertamina Siapkan Strategi Antisipasi Lonjakan Konsumsi BBM Saat Libur Nataru

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x