Kompas TV video vod

Lukas Enembe Dimakamkan Hari Ini dan Dihadiri oleh Ribuan Warga Papua

Kompas.tv - 29 Desember 2023, 13:28 WIB
Penulis : Shinta Milenia

PAPUA, KOMPAS.TV - Jenazah mantan Gubernur Papua Lukas Enembe dimakamkan siang ini. Prosesi pemakaman dihadiri ribuan warga.

Pemakaman Jenazah Lukas Enembe di Koya Tengah, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura dimulai pada pukul 11.00 WIT dan dihadiri ribuan warga Papua.

Sebelumnya Jenazah Lukas Enembe dilaporkan terlambat tiba di rumah duka. Jenazah Enembe tiba di Jayapura pada Kamis (28/12/2023) malam akibat kericuhan yang terjadi saat jenazah diarak warga.

Kericuhan bermula saat sejumlah warga nekat menghadang mobil ambulans dan mengeluarkan Jenazah Lukas Enembe untuk diarak menuju tempat persemayaman.

Di tengah perjalanan, sekelompok massa tiba-tiba melakukan provokasi dengan melempari sejumlah bangunan.

Massa juga merusak kendaraan yang terparkir di jalur pertokoan menuju Stakin Sentani.

PJ Gubernur Papua, Ridwan Rumasukun yang ikut arak-arakan juga turut menjadi korban. Ia terluka di bagian kepala sehingga harus dibawa ke rumah sakit.

Kapolda Papua, Irjen Mathius Fakhiri menyebut ada 25 bangunan yang terbakar akibat aksi anarkistis saat pengantaran Jenazah Lukas Enembe.

Kericuhan juga menyebabkan 14 orang terluka. Kapolda Papua menyatakan akan mengidentifikasi para pelaku pembakaran dan penyerangan terhadap Personel TNI-Polri dan PJ Gubernur Papua.

Baca Juga: Belasan Ruko Dibakar Saat Arak-arakan Jenazah Lukas Enembe, Kerugian Ditaksir Capai Rp2 Miliar


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x