Kompas TV video vod

Jateng jadi Provinsi Kedua Penyelenggara Laboratorium Manajemen Risiko dan Kapabilitas APIP

Kompas.tv - 26 Desember 2023, 21:10 WIB
Penulis : Dea Davina

SEMARANG, KOMPAS.TV - Penandatanganan kerja sama dilakukan oleh Pj Gubernur Jawa Tengah, Komjen Pol (P) Nana Sudjana dan Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah, Raden Suhartono di Semarang.

Provinsi Jawa Tengah kini menjadi provinsi kedua setelah DKI Jakarta yang menyelenggarakan Laboratorium Manajemen Risiko dan Kapabilitas APIP.

Terpilihnya Jateng sebagai lokasi penyelenggaraan, berdasar hasil penilaian maturitas APIP yang terintegrasi dengan Lab-MR dan Kapabilitas APIP. Jateng berada di level 3 berdasarkan hasil penilaian tersebut.

Baca Juga: BNNP Jateng Musnahkan Barang Bukti Ganja

Perolehan Pemprov Jateng di satu sisi merupakan suatu prestasi, namun jika diproyeksikan untuk menyelenggarakan Laboratorium Manajemen Risiko, maka prestasi itu bisa menjadi tantangan.

Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah, Raden Suhartono, menyebut laboratorium manajemen risiko dan kapabilitas APIP dilaksanakan untuk memastikan praktik terbaik atas penerapan manajemen risiko.

Juga untuk memastikan terlaksana dengan baiknya peran yang dimiliki oleh APIP.

APIP yang sudah berada pada level 3 ini, diharapkan mampu memberikan jaminan terlaksananya manajemen risiko secara lebih efektif, menciptakan tata kelola pemerintahan yang makin baik, serta mampu memberikan peringatan dini terhadap kemungkinan terjadinya penipuan.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x