Kompas TV video vod

Ecopreneurs dan Ekonomi Hijau Sebagai Solusi Berkelanjutan Perubahan Iklim

Kompas.tv - 22 Desember 2023, 19:39 WIB
Penulis : Adv Team

 

KOMPAS.TV - Perubahan iklim menjadi tantangan global yang memerlukan solusi berkelanjutan, salah satunya lewat ekonomi hijau yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan dan kesetaraan sosial masyarakat, sekaligus mengurangi risiko kerusakan lingkungan secara signifikan.

Ecopreneurs pun memainkan peran penting dalam menghadapi perubahan ini. Dengan fokus pada inovasi ramah lingkungan, mereka tidak hanya mengurangi jejak karbon tetapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi hijau. 

PT Global Digital Niaga Tbk melalui Blibli Tiket Action secara aktif berperan sebagai accelerator pemersatu berbagai korporasi yang mempunyai komitmen tinggi terhadap lingkungan, ecopreneurs, dan komunitas peduli lingkungan di masyarakat. 

Founder Ecoxyztem Bijaksana Junerosano, selaku mitra Blibli mengapresiasi langkah Blibli Tiket Action dalam menginisiasi Langkah Membumi Festival.

Menurut Bijaksana, Langkah Membumi Festival telah menjadi wadah pertemuan para pelaku isu sustainability, memberikan akses go-to market bagi para ecopreneurs melalui inovasinya, serta membangkitkan optimisme ekonomi hijau. 

"Ini adalah bentuk kepercayaan pihak swasta, dan masyarakat kepada inovasi lokal yang sebenarnya punya potensi untuk memecahkan masalah global, itulah mengapa Ecoxyztem secara konsisten menggaungkan kampanye #PercayaEcopreneur,” tutur Bijaksana.

Dengan melibatkan 130 pelaku industri, aktivis lingkungan, serta sejumlah ecopreneurs seperti Waste4Change, Carbon Ethics, Demi Bumi, dan YAGI Natural, Langkah Membumi Festival berhasil menginspirasi perubahan perilaku berkelanjutan melalui sharing knowledge dan pemberdayaan yang melibatkan partisipasi 5.000 pengunjung. 

Kolaborasi ini berhasil mengumpulkan 330 kg sampah terpilah yang akan dikelola oleh Waste4Change dengan sistem zero waste to landfill. Dukungan aksi plogging oleh World Clean Up Day Indonesia makin memperkuat semangat 'One Action, One Earth' yang mencerminkan kekuatan ekosistem dalam memerangi perubahan iklim. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x