Kompas TV video vod

Prabowo Disokong Suara Basis Pendukung Jokowi di Pilpres 2019, Begini Kata Pengamat

Kompas.tv - 11 Desember 2023, 11:57 WIB
Penulis : Aisha Amalia Putri

JAKARTA, KOMPAS.TV - Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei soal suara capres-cawapres berdasarkan basis pendukung Jokowi di pilpres 2019.

Hasilnya pendukung Jokowi di pilpres 2019 beralih ke pasangan Prabowo-Gibran.

Survei yang dilakukan pada (23/11) hingga (1/12) menghasilkan pendukung basis Jokowi-Ma’ruf pemilu 2019, beralih ke Prabowo sebesar 40,1 persen, sedangkan yang beralih ke Ganjar Pranowo sebesar 38,4%.

Peneliti Indikator Politik Indonesia Bawono Kumoro mengatakan basis pendukung Jokowi dibagi menjadi beberapa bagian, yakni basis pendukung Jokowi-Ma'ruf menyorot suara dukungan pada Prabowo-Gibran sebesar 40,1%,

Sedangkan basis Jokowi-Maruf dari PDIP mengalihkan suaranya ke Ganjar- Mahfud sebesar 71,6% sedangkan ke Prabowo-Gibran sebesar 20,6%.

Bawono pun menambahkan, data tren survei ini menunjukkan pemilih Presiden Joko Widodo di pemilu lalu sudah semakin beralih kepada Prabowo Subianto tidak lagi Ganjar Pranowo.

Hal yang perlu diperhatikan ialah pemilih Joko Widodo di pemilu 2019 tidak cuma berasal dari pemilih PDIP tapi juga berasal dari luar PDIP.

Direktur Ekssekutif Indostrategic, Ahmad Hoirul Umam menambahkan pendukung Jokowi yang kini terpisah dari PDIP, bisa menjadi evaluasi bagi pasangan Ganjar-Mahfud untuk strategi meraup suara.

Hal ini dilihat dari 2 pilpres sebelumnya dimana suara Jokowi tak terpisahkan dari PDIP.

Kini, para pasangan capres-cawapres terus berkampanye demi meraup suara pemilih demi kemenangan kontestasi 2024.

Selain pemilih muda, undecided voter atau yang belum menentukan pilihan pun jadi target utama.

Baca Juga: Survei Litbang Kompas: Angka Pemilih Bimbang Meningkat Jadi 28,7%, Mayoritas Pemilih Jokowi

#pendukungjokowi #prabowo #ganjar



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x