Kompas TV video vod

KPU Umumkan Format dan Isu Debat Capres-Cawapres 2024, Berikut Selengkapnya!

Kompas.tv - 10 Desember 2023, 21:07 WIB
Penulis : Shinta Milenia

JAKARTA, KOMPAS.TV - KPU menggelar debat pertama Pilpres 2024 pada Selasa, 12 Desember 2023.

Debat akan digelar di Kantor KPU RI Jakarta Pusat dan diagendakan berlangsung selama 2 jam.

Untuk debat pertama, KPU melibatkan 11 panelis yang merupakan pakar sesuai dengan tema.

Mereka adalah akademisi dari Perguruan Tinggi Negeri mantan Komisioner Lembaga Negara hingga penyandang guru besar.

Beberapa di antaranya ada Mada Sukmajati, Pakar Ilmu Politik UGM; Lita Tyesta, Ahli Hukum Tata Negara UNDIP; Agus Riewanto, Pakar Hukum Tata Negara UNS dan Susi Dwi Harijanti, Pakar Hukum Tata Negara UNPAD.

Panelis selanjutnya di antaranya ada ahmad Taufan Damanik, Ketua Komnas HAM periode 2017 hingga 2022; Gun Gun Heryanto dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Wawan Mas'udi, Dekan Fisipol UGM.

Adapun debat perdana akan diikuti oleh calon presiden. Meski demikian, cawapres masing-masing tetap mendampingi di panggung debat.

Dalam rapat dengan Timses 6 Desember yang lalu, KPU akhirnya mengumumkan format dan isu debat capres dan cawapres 2024.

Dalam debat perdana 12 Desember, KPU menyediakan debat antar-capres dengan sejumlah isu di antaranya terkait pemerintahan dan HAM.

Selanjutnya ada debat Cawapres pada 22 Desember yang mengangkat isu ekonomi dan pajak, termasuk infrastruktur.

Debat ketiga kemudian digelar untuk capres pada 7 Januari yang membahas di antaranya terkait isu pertahanan keamanan dan geopolitik, termasuk hubungan internasional.

Debat keempat akan diikuti oleh cawapres pada 21 Januari yang membahas di antaranya terkait pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan, pangan dan energi.

Debat terakhir untuk capres akan digelar pada 10 Februari 2024 yang mengangkat isu di antaranya tentang kesejahteraan sosial, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, termasuk isu ketenagakerjaan.

Baca Juga: Inilah Janji Para Kandidat Pilpres 2024 Soal Penguatan KPK Dalam Berantas Korupsi



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.