Kompas TV video vod

Upaya BRI Berperan Menghijaukan Indonesia Lewat ESG

Kompas.tv - 8 Desember 2023, 13:03 WIB
Penulis : Shinta Milenia

KOMPAS.TV - Sebagai salah satu penggerak inisiatif ESG di Indonesia, BRI berupaya mengambil peran serta untuk menghijaukan Indonesia lewat ESG. Mulai dari pengembangan sistem ultramikro, hingga pembiayaan yang lebih hijau.

Kekeringan, polusi, banjir yang terjadi dimana-mana adalah dampak dari lingkungan yang makin rusak.

Untuk menciptakan keberlanjutan di Indonesia perusahaan-perusahaan kini mulai menerapkan praktik environmental, social and governance atau ESG, termasuk dari sektor perbankan.

Salah satunya adalah BRI yang mulai menerapkan ESG sejak 2013. Selama 10 tahun terakhir, beberapa proyek ESG sudah dilakukan.

Di environment atau lingkungan, BRI menyalurkan kredit kendaraan listrik dan menanam 680 bibit tanaman di desa yang tersebar di seluruh Indonesia. Sementara di sektor sosial, BRI terus mengembangkan ekosistem ultramikro dan pengembangan desa brilian.

Sementara di komitmen sustainable finance, BRI menyalurkan sustainable loan portofolio sebesar Rp 732 triliun rupiah atau 76,2% dari total kredit.

Sustainable bond 500 juta dollar, green bond Rp 5 triliun dan sustainable linked-loan 1 miliar dollar.

BRI juga memiliki Komite Khusus ESG yang bertugas membuat roadmap ESG hingga memastikan implementasi ESG berjalan baik di BRI.

Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sebanyak 13 bank di Indonesia telah mengelola dana berkelanjutan.

Pada 2024, pembiayaan yang tersalurkan sebanyak 337 miliar dollar.

Komitmen dan keseriusan industri dibutuhkan akan kehadiran bisnis bisa memberi makna dan peran lebih untuk indonesia yang lebih hijau berkelanjutan.

Baca Juga: Luncurkan Program BritAma Tanam Kebaikan, BRI Gandeng BenikBaik Tanam 33.000 Pohon Mangrove

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x