Kompas TV video vod

Hari Nusantara 2023: Merajut Konektivitas Nusantara dan Ekonomi Maritim dari Titik Nol Jalur Rempah

Kompas.tv - 5 Desember 2023, 02:59 WIB
Penulis : Edwin Zhan

KOMPAS.TV - 13 Desember diperingati sebagai Hari Nusantara.

Rangkaian peringatan Hari Nusantara tahun 2023 akan dipusatkan di Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara pada tanggal 10-13 Desember 2023 mendatang.

Sebagai Ketua Pelaksana, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut peringatan Hari Nusantara sebagai momentum pengingat Deklarasi Djuanda yang memperjuangkan konsep Negara Kepulauan Indonesia untuk diakui secara internasional.

Tema yang diangkat pada Hari Nusantara 2023 adalah “Merajut Konektivitas Nusantara dan Ekonomi Maritim dari Titik Nol Jalur Rempah”.

Menhub Budi berharap, Hari Nusantara bisa mengangkat posisi Tidore yang dikenal sebagai pusat rempah-rempah seperti cengkeh.

Hari Nusantara 2023 juga diharap bisa meningkatkan ekspor perdagangan, investasi, dan pengembangan daerah di Provinsi Maluku Utara.

Lantas, bagaimana Kementerian Perhubungan berperan dalam mendukung visi merajut konektivitas Nusantara, khususnya di wilayah Maluku Utara?

KompasTV bahas bersama Novie Riyanto sebagai Sekjen Kemenhub; dan Ali Ibrahim selaku Wali Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara.

 

#harinusantara #kemenhub #budikaryasumadi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x