Kompas TV video sinau

Rupanya Ini lo Bedanya Chef dan Koki | SINAU

Kompas.tv - 30 November 2023, 18:42 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV – Ternyata ini perbedaan chef dan koki. Nah melansir dari Quipper, chef adalah juru masak profesional yang umumnya jadi kepala juru masak di hotel atau restoran.

Sementara itu, koki bertugas menyiapkan dan memasak makanan secara khusus dikatakan sebagai pekerjaan atau kata lainnya juru masak.

Perbedaan yang paling dapat dilihat antara chef dan koki adalah peran dan tanggung jawabnya.

Berikut adalah peran chef sebagai kepala juru masak di dapur:

  • Mengatur SDM
  • Pengendalian bahan baku
  • Pengembangan menu masakan
  • Pengelolaan biaya belanja dapur

Perbedaan Secara Etimologis

Sebagai informasi, chef asalnya dari bahasa Prancis yakni chief yang artinya kepala. Lengkapnya adalah chief de cuisine atau kepala dapur. Nah, koki berasal dari bahasa inggris yakni cook yang artinya juru masak. 

Latar Belakang Seorang Chef dan koki

Seorang koki dibentuk oleh pengalaman sehinga mampu memasak dengan baik. Nah, untuk menjadi seorang chief harus melewati jenjang pendidikan. Sekolah tinggi yang menyediakan jurusan Tata Boga, belajar selama 2 tahun (D1) hingga 4 tahun (S1) sekolah tersebut untuk mendapat ilmu teori dan praktik.

Tanggung Jawab

Chef menjalankan manajemen di dapur dan memastikan rasa setiap makanan yang dibuat. Selain itu juga menyediakan waktu meningkatkan kemampuan dalam satu tim (chef di bawahnya). Sementara koki bekerja berdasarkan tugas yang diperintahkan kepadanya.

Tingkatan

Jenjang karier seorang chef terbagi dalam tingkatan yang berbeda-beda. Tingkatan ini jadi penentu tugas masing-masing saat bekerja.

Besaran Gaji

Seorang chef dapat mengantongi gaji Rp5 juta bahkan bisa lebih besar tergantung posisi dan tempat ia bekerja. Sedangkan koki umumnya memperoleh gaji Rp3 Juta.

Baca Juga: Buronan Berbahaya Ditangkap 3 Hari usai Kabur dari Penjara, Melarikan Diri dengan Menyamar Jadi Koki

Editor Video: Joshua Victor 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x