Kompas TV video vod

Ini Alasan MK Tolak Gugatan Ulang Syarat Usia Capres-Cawapres

Kompas.tv - 29 November 2023, 21:51 WIB
Penulis : Aisha Amalia Putri

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mahkamah Konstitusi memutuskan menolak gugatan syarat capres-cawapres yang diajukan Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia, Brahma Aryana. 

Hakim menolak gugatan ini karena dinilai syarat usia capres dan cawapres minimal 40 tahun dan pernah menjabat sebagai kepala daerah seharusnya dikembalikan ke pembuat kebijakan.

Putusan itu diketok delapan Hakim MK yang diketuai oleh Suhartoyo, sementara Hakim MK Anwar Usman tidak dilibatkan karena dikenai sanksi Majelis Kehormatan MK.

Mahkamah Konstitusi juga menolak gugatan tentang syarat usia minimal hakim konstitusi 55 tahun.

Permohonan diajukan oleh Dosen Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia Makassar, Fahri Bachmid.

Fahri Bachmid mempersoalkan perubahan syarat minimal usia hakim MK yang kerap berubah dan menimbulkan adanya ketidakpastian hukum.

Fahri juga menyoroti tidak adanya landasan maupun filosofi yang jelas, terhadap perubahan batas usia minimal yang telah dilakukan beberapa kali.

Ketua Mahkamah Konstitusi, Suhartoyo menyatakan MK menolak permohonan FAHRI karena dinilai tidak beralasan.

Baca Juga: Tok! MK Tolak Gugatan Ulang Syarat Usia Capres-Cawapres

#mk #syaratcaprescawapres #ketuamk



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.