Kompas TV video vod

286 Hari, Kirab Pemilu 2024 Lewati 304 Kabupaten dan Kota

Kompas.tv - 29 November 2023, 16:19 WIB
Penulis : Pompe Sinulingga

KOMPAS.TV - Komisi Pemilihan Umum meluncurkan kirab pemilu dengan tema "Pemilu Sarana Integrasi Bangsa" sejak 14 Februari 2023. 

Inovasi kirab tersebut digagas oleh Ketua KPU periode 2022-2027, Hasyim Asy'ari, dan 6 anggota KPU yaitu August Mellasz, Betty Epsilon Indroos, Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik, bersama Sekretaris Jenderal KPU Bernad Dermawan Sutrisno.

Kirab yang berangkat dari 7 jalur tersebut tersebar di seluruh Indonesia dengan total melewati 304 kabupaten atau kota dan berlangsung selama 286 hari.

Sebelum berkumpul di Jakarta, pada jalur kirab tujuh, Kabupaten Bojonegoro menggelar serah terima bendera kirab, dan menghadirkan tari demokrasi sebagai ungkapan menyambut pesta demokrasi.

Melanjutkan ke Kabupaten Grobogan Jawa Tengah, kirab diikuti oleh sekitar 1.500 peserta.

Tim kirab juga melakukan sosialisasi ke berbagai kelompok masyarakat.

Seperti pada jalur kedua di Kabupaten Bogor, sosialisasi kepada pemilih pemula dilakukan dalam bentuk kompetisi ceramah demokrasi antar santri yang diikuti kurang lebih 30 santri. 

Kemeriahan kirab pemilu 2024 akhirnya tiba di DKI Jakarta, tepatnya di adakan di Kawasan Car Free Day.

Selain sosialisasi, KPU juga membuka kesempatan bagi para pemilih pindahan untuk mendaftarkan dirinya dalam agar suara mereka tetap bisa digunakan dalam pemilu 2024 mendatang.

Baca Juga: KPU Gelar FGD bersama Akademisi, Jurnalis & Pemerintah, Matangkan Konsep Debat Capres-Cawapres 2024



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x