Kompas TV video sinau

Inilah Alasan Mayoritas Dokter Kandungan dari Kaum Laki-laki | SINAU

Kompas.tv - 24 November 2023, 17:23 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV - Tak jarang kita menemukan dokter laki-laki sebagai spesialis kandungan. Dokter yang dimaksud adalah Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi atau lebih dikenal dengan Obgyn.

Nah, perlu diketahui dokter Obgyn adalah dokter yang menangani reproduksi wanita. Mulai dari  kehamilan, menstruasi, persalinan, hingga menopause.

Melansir dari situs Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) berikut adalah perbandingan jumlah dokter Obgyn di Indonesia.

Jumlah dokter Obgyn di Indonesia:

  • 3.460 dokter Obgyn laki-laki
  • 1.810 dokter Obgyn perempuan

Mengapa dokter Obgyn kebanyakan laki-laki?

Salah satu alasannya adalah instrumen bedah umumnya dirancang untuk laki-laki

Melansir dari Huffington Post Dokter Ginekologi Anita Mitra menegaskan, "Alat bedah umumnya dirancang untuk pria karena memiliki pegangan besar yang bisa merepotkan untuk orang dengan tangan kecil (wanita). Sejauh ini saya tidak mengetahui ada perusahaan yang membuat instrumen untuk tangan wanita yang kecil’’.

Tenaga Medis Perempuan Memilih Jadi Bidan

Berdasarkan dari  data dari Royal College of Obstetrics and Gynaecology laki-laki cenderung memilih ginekologi. Sementara perempuan memilih spesialisasi bidang kebidanan. Yang Khusus menangani  pasien persalinan, kehamilan, dan masa nifas.

Baca Juga: Bagaimana Jika Manusia Digigit Nyamuk Wolbachia? | SINAU

Editor Video: Joshua Victor 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x