Kompas TV video vod

PT Freeport Indonesia Resmikan Pelataran Totem Dunia

Kompas.tv - 24 November 2023, 09:12 WIB
Penulis : Pompe Sinulingga

KOMPAS.TV - PT Freeport Indonesia bersama Yayasan Maramowe, yang menaungi para pengukir Kamoro beserta Pemkab Samosir meresmikan pelataran totem dunia, dalam mendukung budaya dan pariwisata di Danau Toba.

Peresmian pelataran totem dunia ini dilakukan di Kawasan Waterfront City, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, bersamaan dengan event Kejuaraan Dunia Aquabike Jetski, di Danau Toba.

Peresmian diawali, dengan kedatangan masyarakat Suku Kamoro menggunakan kapal penyeberangan Danau Toba, dan disambut dengan tarian khas batak.

Kemudian dilanjutkan dengan tokoh adat batak yang melakukan acara adat.

Lokasi ini, ditetapkan menjadi pelataran totem dunia, karena selain dua Totem Kamoro tersebut telah berdiri bersamaan dengan tiga totem batak, yang diukir oleh warga asal Kabupaten Samosir.

Bupati Samosir menyambut baik dan berterimakasih kepada PT Freeport Indonesia, yang telah berkontribusi dalam menyerahkan dua Totem Kamoro, yang peduli akan pelestarian dan kolaborasi budaya.

PT Freeport Indonesia menyebut bahwa dengan adanya dua totem itu, untuk memperkenalkan Suku Kamaro ke Indonesia, dan dunia internasional.

Baca Juga: Firli Bahuri Tersangka Korupsi, Bagaimana Mengembalikan Kepercayaan Publik pada KPK?



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x