Kompas TV video vod

Berkas Kompas Episode 'Petaka Perkawinan Anak' Raih Penghargaan Jurnalistik Tentang Anak 2023

Kompas.tv - 23 November 2023, 21:56 WIB
Penulis : Theo Reza

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tayangan Berkas Kompas episode “Petaka Perkawinan Anak” karya Swastia Ayu dan Mila Dewi memenangkan Penghargaan Karya Jurnalistik Terbaik tentang Anak 2023 untuk kategori tema utama yang diselenggarakan oleh AJI Indonesia dan UNICEF.

Karya ini merupakan hasil kolaborasi tim Berkas Kompas dengan tim peliputan daerah: M. Tiawan (Kab. Malang), Dede Ibin (Tasikmalaya), dan Adi Wahadi (Karawang).

Puncak Anugerah Penghargaan Karya Jurnalistik Terbaik tentang Anak 2023 diselenggarakan secara daring pada Rabu, 22 November 2023.

Tayangan ini menyoroti angka dispensasi nikah yang melonjak di tengah upaya menekan pernikahan anak.

Dispensasi nikah diberikan kepada anak yang belum mencapai batas minimum usia pernikahan, yaitu 19 tahun.Sejak 2 tahun terakhir, hampir 175 ribu anak, menikah. Angka itu yang tercatat di negara.

Prediksinya, pernikahan anak yang tak tercatat, atau siri, jauh lebih tinggi. Pernikahan anak, kisah manisnya, hanya semu. Di balik itu, ada risiko yang membelenggu. Mulai dari perceraian, KDRT, hingga anak yang dilahirkan dari pernikahan dini mengalami stunting serta masalah kesehatan lainnya.

Sebelumnya, pada 15 November 2023, AJI Indonesia dan UNICEF mengumumkan 5 tayangan Program Berkas Kompas - Kompas TV menjadi nominator Penghargaan Karya Jurnalistik Terbaik tentang Anak 2023 kategori audiovisual.

Ke-5 tayangan tersebut yaitu, Anak Napi Teroris Siapa Peduli (karya Githa Nila Maharkesri dan Maryo Sarong), Anak Pekerja Menanggung Derita (karya Githa Nila Maharkesri dan Maryo Sarong), Generasi Darurat Gizi Benarkah Teratasi (karya Swastia Ayu dan Mila Dewi), Sekolah Derita Penerus Bangsa (karya Githa Nila Maharkesri dan Maryo Sarong), dan Petaka Perkawinan Anak (karya Swastia Ayu dan Mila Dewi).

Video Editor: Firmansyah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x