Kompas TV video vod

Mahasiswa UMM Buat Sabun Cuci Tangan Ramah Lingkungan dari Ekstrak Daun Jambu Air

Kompas.tv - 11 November 2023, 14:26 WIB
Penulis : Shinta Milenia

MALANG, KOMPAS.TV - 3 mahasiswa jurusan farmasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini berhasil memanfaatkan daun jambu air yang biasanya terbuang percuma menjadi bahan baku sabun cuci tangan antiseptic.

Uniknya lagi sabun cuci tangan ini berbentuk lembaran  tisu dan langsung habis ketiga digunakan mencuci tangan.

Proses pembuatannya pun cukup mudah, menggunakan daun jambu air yang memiliki kandungan saponin yang terbukti efektif membunuh bakteri dan kuman sebagai anti mikroba.

Sebelumnya daun daun ini dipilah dan kemudian dipanaskan dengan suhu khusus. Setelah kering, daun kemudian dihaluskan. Serbuk daun ini kemudian dicampur dengan minyak zaitun dan sodium lauryl sulfate.

Kemudian bahan ini dicetak di atas kertas antiseptik dan dipanaskan kembali hingga menjadi lembaran kertas sabun berbentuk tisu kecil.

Sabun ini kemudian dikemas dalam kantong kecil. saat digunakan, sabun langsung luruh saat bercampur air, jadi tidak ada sampah yang dihasilkan.

Saat ini sabun ini sudah dipasarkan resmi via daring maupun di berbagai market place dengan harga Rp10.000 per kantong.

Karena bentuknya yang ringkas, mereka berharap sabun cuci tangan hasil inovasi mereka ini mampu menjadi solusi setiap orang untuk mencuci tangan saat bepergian, tanpa perlu lagi membawa botol sabun sendiri.

Baca Juga: Kemendikbudristek Buka Pendaftaran Program Kampus Mengajar Bagi 28.500 Mahasiswa

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x