Kompas TV video vod

PMI dan ICRC Gelar Operasi Katarak Gratis Bagi Warga Pulau Terluar Indonesia

Kompas.tv - 6 November 2023, 20:55 WIB
Penulis : Dea Davina

TIAKUR, KOMPAS.TV - Kabupaten Maluku Barat Daya, merupakan salah satu Kabupaten yang memiliki angka katarak tertinggi di Indonesia.

Namun tidak ada dokter spesialis mata di wilayah pulau terluar Provinsi Maluku ini.

Palang Merah Indonesia bersama Palang Merah Internasional, ICRC, memberikan layanan bakti sosial operasi katarak, dan pembagian kacamata secara cuma-cuma.

Hal ini dilakukan PMI sebagai bentuk perhatian terhadap masyarakat pelosok di 17 kecamatan yang telah lama berjuang dengan masalah kesehatan mata.

Kegiatan kemanusiaan ini berlangsung selama empat hari, sejak 1 hingga 4 November di RSUD Tiakur, Kabupaten Maluku Barat Daya.

Baca Juga: 150 Warga Situbondo Berhasil Jalani Operasi Katarak Gratis di RSUD Besuki!

Dengan melibatkan tenaga relawan PMI dan tenaga dokter dari klinik mata di Kota Ambon.

Begitu pun juga dengan warga, datang dari pulau-pulau terluar NKRI yang berbatasan dengan Timor Leste dan Australia, mereka antusias dengan operasi katarak mata gratis ini.

Selain operasi katarak, PMI dan ICRC juga membagikan 500 kacamata baca gratis bagi warga yang datang menjalani pemeriksaan.

Hal ini dilakukan untuk membantu masyarakat dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari.

Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Barat Daya, sangat menyambut baik dan mengapresiasi PMI yang peduli warga yang tinggal di pelosok NKRI karena masih minimnya fasilitas dan pelayanan kesehatan.

Pulau-pulau terluar Maluku Barat Daya, seringkali terisolasi dari akses pelayanan medis yang memadai.

Kegiatan PMI ini menjadi harapan bagi masyarakat setempat, terutama bagi warga yang mengalami masalah kesehatan mata seperti katarak, kini bisa melihat lebih baik.
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x