Kompas TV video cerita rasa

Lihat Langsung Cara Pembuatan Gula Aren di Suku Baduy

Kompas.tv - 31 Oktober 2023, 22:00 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Sebagai Negara yang kaya akan keberagaman, Indonesia punya berbagai cara dari setiap daerahnya, termasuk bagaimana cara mereka menjaga tradisi yang tergambar dalam setiap kulinernya. Hal ini membuat Benu melakukan petualangan untuk mencari rasa diberbagai wilayah Nusantara, khususnya Baduy.

Setelah melewati hampir 3 jam perjalanan dari Jakarta, akhirnya Benu dan tim sampai didaerah Binong, Banten, untuk kemudian berjalan kaki menuju kampung Ciranji Pasir, Desa Kanekes, Baduy Luar untuk menginap dirumah Ayah Karman seorang tokoh Baduy Luar bersama Yaldi anak suku Baduy dalam. Banyak pelajaran yang didapatkan Benu dalam petualangan kali ini, terutama bagaimana masyarakat suku Baduy menghargai alam dengan tidak serakah memanfaatkan hasil alam untuk kebutuhan mereka. Hal ini sebagai bentuk sinergi masyarakat suku Baduy dengan alam untuk kehidupan mereka.

Tak hanya itu, keesokan harinya Benu diajak Yaldi untuk mensadap pohon Nira yang kemudian diolah menjadi gula aren. Sebagian masyarakat suku Baduy khususnya Baduy luar memang menggantungkan hidup dengan membuat gula arena untuk mereka jual kembali.

Penasaran? Saksikan lengkapnya di Cerita Rasa hari Sabtu 14 Oktober pukul 10.30 hanya di Kompas TV.

Baduy Luar

Kampung Ciranji Pasir, Desa Kanekes, Lebak Banten



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x