Kompas TV video vod

Kisah Daffa, Mahasiswa di Lampung yang Raup Puluhan Juta Rupiah dari Tanam Anggur!

Kompas.tv - 29 Oktober 2023, 17:09 WIB
Penulis : Shinta Milenia

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Bagi anda pencinta anggur, mungkin ini saatnya anda berkunjung ke taman anggur yang berada di Bandar Lampung.

Berawal dari lahan kosong tak terurus yang berlokasi di Jalan Dewi Sartika No 3 Gulak Galik, Teluk Betung, Bandar Lampung, Daffa Karunia seorang mahasiswa mampu menyulapnya menjadi tempat budidaya tanaman anggur.

Sudah sejak satu tahun terakhir, lokasi yang dinamai taman anggur ini ia seriusi hingga mampu mendulang pundi-pundi rupiah setiap bulannya.

Bibit-bibit anggur disini didapat dari hasil impor yang kemudian distek batang untuk selanjutnya dijadikan bibit kembali. Sementara media tanam yang digunakan ialah sekam, kapur dolomit hingga pupuk kambing.

Setidaknya ada 30 varian anggur yang ditanam diantaranya Shine Musca, Oscar, Harold, Heliodor dan Gosvi.

Ditempat ini pengunjung yang datang bisa memetik langsung anggur yang akan dibeli dengan kisaran harga Rp 80.000 hingga Rp150.000 per kilogramnya.

Tidak hanya menjual buah anggur hasil panen, Daffa Karunia juga menjual bibitnya.

Setiap pengunjung yang datang bisa berkonsultasi dan mendapat bimbingan dalam menanam anggur di pekarangan rumah hingga bisa berbuah.

Selain itu ditaman anggur ini juga disediakan kafe sederhana yang dimana pengunjunya bisa menikmati suasana kebun anggur.

Setidaknya dari usaha penjualan anggur hingga pembibitan yang digeluti, Daffa Karunia mampu meraup omzet 40 juta rupiah setiap bulan dan bisa memberdayakan sejumlah warga.

Baca Juga: Di Pasar Tradisional Bandar Lampung, Harga Beras dan Gula Pasir Alami Kenaikan

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x