Kompas TV video vod

Jelang Pengumuman dan Penyerahan Hasil Pemeriksaan Kesehatan Bakal Capres-Cawapres

Kompas.tv - 27 Oktober 2023, 14:37 WIB
Penulis : Shinta Milenia

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menanti kedatangan Tim Dokter RSPAD Gatot Soebroto ke datang ke Gedung KPU untuk menyerahkan hasil pemeriksaan kesehatan dari tiga paslon bakal capres dan cawapres dalam kontestasi pilpres 2024.

Hasil pemeriksaan kesehatan akan menjadi bahan pertimbangan KPU untuk dapat memutuskan lolos atau tidaknya pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta pilpres 2024.

3 pasangan bakal calon presiden dan wakil presiden telah merampungkan tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto.

Pasangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar menjalani tes kesehatan pada Sabtu, 21 Oktober 2023, kemudian diikuti pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD sehari setelahnya pada Minggu, 22 oktober. Sementara Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka menjadi pasangan terakhir yang menjalani tes kesehatan yakni pada Kamis 26 Oktober 2023.

Ada 16 jenis pemeriksaan yang harus dilalui oleh setiap pasangan calon bacapres dan bacawapres peserta pemilu, di antaranya MMPI atau Minnesota Multiphasic Personality Inventory, pemeriksaan penyakit dalam selama 30 menit, bedah selama 20 menit dan pemeriksaan neurologi.

Selanjutnya juga ada wawancara psikiatri berupa Mini ICD 10, DIP dan MMI, pemeriksaan mata dan THT KL dan audiometri nada murni.

Kemudian juga ada pemeriksaan jantung dan pembuluh darah yaitu elektrokardiogram dan treadmill selama 45 menit, ekokardiografi, tes paru berupa spirometri dan tes lain, serta tes radiologi toraks.

Dilanjutkan tes MRI atau Magnetic Resonance Imaging, pengambilan sampel laboratorium, pemeriksaan penunjang lain juga akan dilakukan bergantung adanya indikasi.

Baca Juga: Zubairi Djoerban: Hasil Tes Kesehatan Berpengaruh pada Lolosnya Capres-Cawapres di Pilpres


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x