Kompas TV video vod

Jokowi Lantik Amran Sulaiman Jadi Mentan Pengganti SYL, Ini Profilnya

Kompas.tv - 25 Oktober 2023, 15:44 WIB
Penulis : Aisha Amalia Putri

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo, melantik Andi Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian untuk menggantikan Syahrul Yasin Limpo yang mengundurkan diri pasca ditetapkan tersangka kasus dugaan korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi.

Pelantikan Andi Amran Sulaiman, sebagai Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Maju, sisa masa jabatan 2019-2024 diawali pembacaan keputusan presiden diikuti pengambilan sumpah oleh presiden di Istana Negara, Rabu (25/10) pagi.

Amran menempati posisi Menteri Pertanian yang kosong setelah Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pertanian sebelumnya ditetapkan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi.

Sebelumnya, presiden menunjuk kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi sebagai Plt Menteri Pertanian pada awal Oktober lalu.

Andi Amran Sulaiman kembali menempati posisi Menteri Pertanian setelah sebelumnya pernah menempati posisi yang sama pada kabinet kerja Joko Widodo dan Jusuf Kalla periode 2014-2019.

Amran Sulaiman lahir di Bone, 27 April 1968. Ia merupakan sarjana pertanian di Universitas Hasanuddin.

Amran juga menyelesaikan master atau Pascasarjana Pertanian Unhas pada 2002-2023 dan Doktor Ilmu Pertanian Unhas 2008-2012.

Dari pendidikan dan kemampuan itulah, Amran kemudian menjadi dosen di Universitas Hasanudin serta membangun usaha dengan mendirikan beberapa perusahaan di antaranya tiran grup.

Pengalamannya itu juga yang membawanya diangkat sebagai Menteri Pertanian periode 2014-2019, sebelum dilantik kembali sebagai Menteri Pertanian di sisa periode 2019-2024.

Baca Juga: [FULL] Momen Presiden Jokowi Lantik Mentan Amran Sulaiman hingga KSAD Letjen Agus Subiyanto

#mentan #amransulaiman #jokowi
 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x