Kompas TV video vod

Meriah! Kirab Pemilu 2024 Diwarnai Tema Budaya dan Tarian Khas Daerah

Kompas.tv - 23 Oktober 2023, 19:23 WIB
Penulis : Aisha Amalia Putri

KARANGANYAR, KOMPAS.TV - Komisi Pemilihan Umum atau KPU menggelar kirab pemilu yang digagas oleh Ketua KPU Hasyim Asy'ari dan 6 anggota KPU yaitu August Mellasz, Betty Epsilon Indroos, Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik bersama Sekretaris Jenderal KPU Bernad Dermawan Sutrisno.

Untuk lebih menarik antusias masyarakat, tim kirab KPU di setiap daerah berlomba-lomba untuk menampilkan potensi kebudayaan serta ciri khas daerah yang unik.

Seperti pada jalur 3 Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah kirab bertema Karanganyar tempo dulu dihadirkan dengan mengendarai kereta uap pabrik gula Tasikmadu dan para tim kirab menggunakan busana zaman dahulu.

Pada Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah kirab diwarnai dengan suasana kerajaan.

Hadirnya simbol kuda putih yang mengartikan kesucian, hingga adanya Tarian Kebo Kinul yang menggambarkan halang dan rintangan saat pemilu harus bisa disingkirkan.

Sedangkan jalur keempat, kirab dimulai dari Kabupaten Bulungan, Provinsi Kalimantan Utara yang dimeriahkan dengan tarian selamat datang dan dilanjutkan dengan Tarian Jepen khas Bulungan.

Untuk prosesi serah terima bendera kirab dari Kota Peser ke Kota Balikpapan Kalimantan Timur, tim kirab menghadirkan tarian Dayak khas kesenian setempat.

Pada gelaran kirab pemilu saat ini, dengan tema pemilu sebagai sarana integrasi bangsa diharapkan tidak hanya menjadi upaya sosialisasi namun juga bisa menjadi sarana pemersatu bangsa dengan keanekaragaman seni dan budaya menjelang pemilu 2024.

Baca Juga: Gibran Resmi Dipilih jadi Bacawapres, Prabowo Siap Daftar ke KPU Hari Rabu!

#kpu #kirabpemilu #pilpres 2024



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x